Tips : Jika Smartphone Tidak Sengaja Terendam Air

Tips : Jika Smartphone Tidak Sengaja Terendam Air

Apakah Smartphone kesayangan Anda terendam air? Mungkin secara tidak sengaja jatuh di ­­wastafel/toilet/kolam renang/bahkan mesin cuci? Biasanya anda harus mengganti smartphone anda dengan yang baru, tapi ternyata ada beberapa langkah untuk bisa menyelamatkan smartphone anda.

Berikut di bawah ini 9 langkah cerdas dan sederhana yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan smartphone anda.

foto : http://www.worldofwardcrap.com/how-to-save-the-smartphone-when-it-is-dropped-into-water/

1. Jangan Panik, tapi ambil segera mungkin smartphone anda.

Sepintas smartphone anda memang tertutup rapat, tapi jangan lupa dengan beberapa Lubang ini :- port hands free,
– lubang kecil mikrofon,
– port pengisian baterai,
– port koneksi usb
– dan celah casing pada ponselmeski terlihat rapat, namun hanya dalam waktu beberapa detik saja, air tetap dapat merembes masuk ke dalam smartphone.Dan ingat! Jangan langsung nyalakan smartphone anda, tunggu sampai kering, hindari korsleting sedini mungkin.

2. Keringkan smartphone anda secepatnya.

Gunakan tisu atau handuk untuk membantu proses pengeringan. Komponen elektronik di dalam smartphone bisa selamat meskipun terkena air, asalkan anda tidak menghidupkan smartphone karena akan memberikan aliran listrik dari baterai.  Jangan lupa pertahankan posisi Smartphone agar air di dalam smartphone tidak bergerak kesana kemari.

Catatan: Untuk mengetahui apakah battery smartphone anda rusak karena air, periksa sudut baterai anda – harusnya akan ada petak atau lingkaran putih, dengan atau tanpa garis merah. Jika warnanya adalah merah muda atau merah, maka battery anda bisa dipastikan telah rusak oleh air.

3. Lepas penutup battery, keluarkan Battery, SIM card, micro SD serta aksesoris lainnya

Bagi sebagian besar orang, data foto/video serta nomor kontak yang tersimpan di SIM/micro SD kadang lebih penting dibanding smartphone itu sendiri. Jadi meskipun perangkat micro SD dan SIM Card ini cukup tahan terhadap air, sebaiknya segera keluarkan dari smartphone lalu keringkan dengan tisu/handuk, untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti karat/korosi pada bagian kontak yang terbuat dari metal.

4. Gunakan vacuum cleaner/ penyedot debu, jika anda tidak memilikinya pinjamlah.

Hisap dan keringkan cairan di dalam smartphone sebanyak-banyak dengan menggunakan pengisap debu. Arahkan penghisap debu ke seluruh bagian smartphone yang memungkinkan air untuk masuk kedalamnya. (lihat no. 1) .Hati-hati : Corong Pengisap jangan terlalu dekat dengan smartphone, karena pengisap debu tersebut juga memiliki listrik statis yang kadang efeknya jauh lebih buruk daripada air.

5. Jangan gunakan pengering rambut (hair dryer) atau kipas angin atau benda apa pun lainnya yang fungsinya adalah meniupkan angin untuk mengeringkan ponsel

Karena air justru bisa terdorong lebih dalam dan akan menaikkan tingkat kelembaban smartphone sehingga potensi kerusakan pun akan semakin parah.

6. Gunakan bahan yang mampu menyerap air untuk mengeringkan ponsel

Foto : http://www.prophethacker.com/2015/09/phones-gets-wet-water-damaged.html

Bahan penyerap air paling hits dan murah adalah beras. Letakkan beras dan smartphone ke dalam mangkuk selama 1 malam penuh/lebih lama.

Atau usahakan penyerap air yang lebih bagus lagi yaitu silica gel (sering anda temukan pada sepatu baru, tas baru, kemasan makan dll). Masukkan silika gel dan smartphone anda ke dalam kantong plastik yang kedap udara.

Catatan : usahakan merubah-rubah posisi smartphone untuk memudahkan air yang tersisa menemukan celah di smartphone anda agar bisa mengalir keluar.

7. Keluarkan smartphone
Letakkan smartphone di atas handuk/tisu/ sapu tangan. Jika anda masih menemukan kelembaban air, ulangi lagi proses pengeringan ( langkah 4 dan 6)

8. Uji smartphone anda dengan menyalakannya

Setelah usaha maksimal selama 1 hari atau lebih, periksa setiap bagian smartphone Anda untuk memastikan kelembaban yang mungkin masih tersisa. Pastikan tiap bagian smartphone telah benar-benar kering.  Periksa uap air atau kotoran di semua port, kompartemen dan antara celah-celah. Buang debu dan kotoran dari perangkat dan selubung lalu masukkan baterai ke ponsel.Jika anda sudah yakin dengan tingkat kekeringan smartphone, Masukkan battery dan cobalah menghidupkannya, perhatikan dan dengarkan bila ada suara-suara aneh dan amati apakah ponsel berfungsi dengan benar.

9. Jika smartphone anda masih juga tidak bisa menyala, bawalah smartphone ke service center resmi terdekat.

Anda sudah semaksimal mungkin berusaha menyelamatkan smartphone tapi smartphone tidak juga bisa menyala, Jangan coba-coba membongkar smartphone anda sendiri jika anda belum memiliki ketrampilan itu. Rasanya saat ini anda sudah membutuhkan jasa bantuan tenaga profesional.

Sumber : http://id.wikihow.com/Menyelamatkan-Ponsel-Basah

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *