Ungkapan cinta dari Telkom melalui Peluncuran Satelit Telkom 3S

Ungkapan cinta dari Telkom melalui Peluncuran Satelit Telkom 3S

Telkom merayakan hari valentine paling epik dalam sejarahnya, karena pada 14/2/2017, Satelit Telkom 3S berhasil diluncurkan menggunakan roket peluncur Ariane 5 Flight VA235 di Guyana Prancis, Amerika Selatan tepatnya melalui Guiana Space Center. Namun, sayangnya satelit tersebut tidak serta merta bisa beroperasi, pengoperasian Telkom 3S membutuhkan waktu paling cepat sembilan hari sejak hari peluncuran (atau 23 Februari 2017)

Menurut Anggoro K. Widiawan (Telkom 3S Satellite Project Coordinator, Telkom Indonesia). Sampai dengan saat ini, Telkom 3S masih melakukan manuver diluar angkasa secara elips, menuju orbit 135,5 BT. Dan tidak segera menuju orbit yang diinginkan, yaitu 118 Bujur Timur (BT), dikarenakan masih adanya Telkom 2 yang beroperasi. Dan selama di orbit 135,5 BT ini, Telkom 3S akan melakukan pengetesan frekuensi untuk C-Band dan Extended C-Band sampai dengan tanggal 7 Maret 2017.
Selanjutnya Telkom 3S baru akan dari 135,5 BT ke 118 BT, perkiraan waktu pemindahan yang dibutuhkan adalah selama 18 hari. Sehingga diperkirakan akan pada 26 Maret 2017.

Testing keperluan komersial dari satelit ini diperkirakan baru bisa dimulai pada pertengahan April 2017.
Hm… berapa sih kira-kira dana yang dibutuhkan oleh Telkom untuk meluncurkan satelit Telkom 3S ini?

Untuk seluruh biaya operasional dari pembuatan satelit, pembelian roket peluncur, sampai ke asuransinya, diperkirakan, Telkom telah mengeluarkan investasi sebesar Rp 2,9 triliun ($215 jt).

 

 

 

Lihat video peluncuran

Penulis : denikian
Sumber : http://www.arianespace.com/mission/ariane-flight-va235/

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *