IBM RAMAC 305: Komputer Pertama yang Memiliki Hard Disk

IBM RAMAC 305: Komputer Pertama yang Memiliki Hard Disk

Saat ini sebuah microSD dengan kapasitas 256Gb bukanlah hal yang menakjubkan, bahkan bisa di beli di Jogjatronik dengan harga yang relatif murah 😉 Tapi di awal era komputer yaitu di tahun 1990-an, hard disk rata-rata baru memiliki kapasitas sebesar 40 MB – 80 MB.

Di tahun 1956 sendiri IBM telah memperkenalkan RAMAC (Random Access Method of Accounting and Control) yang merupakan salahsatu komputer canggih generasi pertama. IBM 305 RAMAC merupakan komputer pertama yang telah menggunakan hard drive dengan head bergerak yang disebut sebagai IBM 350 Disk File sekaligus mampu mencetak/print beberapa dokumen penting, misanya invoice dll.

RAMAC 305 adalah solusi paling canggih saat itu dalam perkembangan teknologi penyimpanan data ke dalam 50 disk magnetik berukuran 24 inci, ya anda tidak salah baca.. ukurannya 24 inci. Disk magnetik tersebut diakses dengan menggunakan dua lengan mekanik yang dikendalikan tabung vakum.

Lalu berapa ukuran sebenarnya dari Ramac? Ukuran Ramac seukuran dengan dua kulkas yang besar dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Untuk menyimpan Ramac, dibutuhkan ruangan sebesar 135m2 atau sebesar 9×15 meter. Bobotnya sendiri juga sangat berat, sekitar satu ton, sehingga untuk memindahkannya dibutuhkan alat bantu forklift.

RAMAC ternyata juga telah mampu melakukan akses data secara random atau acak. Dan juga mampu memfilter data dengan kriteria tertentu. Dengan teknologi secanggih itu IBM 305 RAMAC memang lebih diperuntukkan kepada perusahaan besar, dan disewakan seharga US$3200 per bulan, jumlah yang luar biasa fantastis baik di tahun 1957 maupun saat ini. Ramac sendiri memiliki harga jual Harga jual mencapai US$160.000 (atau sebesar Rp 2, 080M kalo di hitung dengan kurs sekarang, fiuh…

Lalu dengan standart ukuran data saat ini, sebenarnya seberapa besar sih kapasitas data yang dimiliki Ramaca? Sangat besar bro… terbesar saat itu, yaitu sebesar 5 MB. Cukup untuk menyimpan 1 buah foto selfie menggunakan Oppo F3 Plus hihi..

Ingin melihat detail Ramac? Buka saja videonya di youtube :

Dari berbagai sumber

Penulis : denikian

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *