WhiteList Mungkinkah akan Lebih baik dibandingkan dengan Black List?

WhiteList Mungkinkah akan Lebih baik dibandingkan dengan Black List?

Jika sebelumnya, pemerintah Indonesia menerapkan sistem Black List dengan membuat daftar situ-situs yang dianggap berbahaya seperti situs-situs berpaham kekerasan, situs-situs porno maupun situs-situs pembajakan, kini demi upaya keamanan didunia cyber serta mengurangi penyebaran konten-konten negatif di Indonesia, dalam waktu dekat ini pemerintah Indonesia akan mengadopsi penerapan whitelist, yaitu suatu metode pengumpulan alamat URL, web domain, ataupun alamat email yang bisa diakses karena telah dinyatakan aman.

Ya…. Whitelist merupakan kebalikan dari blacklist, yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Indonesia. Whitelist sendiri sering digunakan di perusahaan-perusahaan/korporasi, salah satunya demi membatasi koneksi karyawan di Internet.

Sepertinya langkah ini, dirasa sangat tepat diterapkan di Indonesia, karena hanya domain-domain yang telah terdaftar serta tervalidasi saja yang boleh di akses oleh masyarakat luas. Rencana ini disampaikan oleh Bapak Kristiono (Ketua Masyarakat Telematika Indonesia/Mastel) dalam pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, baru-baru ini.

Baca juga, Langkah-langkah Menutup Akses URL

Penulis : denikian

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *