Gadget VS Pengembangan Anak, Anak Semakin Berkembang Atau Tenggelam Oleh Gadget?

Gadget VS Pengembangan Anak, Anak Semakin Berkembang Atau Tenggelam Oleh Gadget?

Jogjatronik.com – Tentu anda ingat, bahwa Steve Jobs dan Bill Gates pernah melarang anak-anaknya menggunakan gadget, sampai pada batas waktu yang diperkirakan cukup bagi si anak, diantaranya agar si anak memiliki waktu untuk sosialisasi dengan anak-anak lain.

Bahkan pada waktu kita kecil dulu, kita memiliki permainan yang sangat seru, karena dimainkan bersama dengan teman-teman satu Gang, yaitu permainan petak umpet, Lompat Tali, Engklek, kelereng, gobak sodor dll. Siku atau Lutut yang tergores luka ketika terjatuh adalah tanda mata.

Sayan, kini anak-anak lebih asik bermain dengan tablet atau smartphone. Benar, bahwa gadget tetap memberikan dampak positif bagi si anak, tapi tak jarang penggunaan secara berlebihan membuat si anak jauh dari sosialisasi serta kadang gangguan kesehatan mata juga bisa menghampiri si anak. Tak jarang si anak mengalami kesulitan tidur karena terlalu tertarik dengan layar gadget di depan mereka.

Sebenarnya peran orangtua juga sangat besar, sebaiknya keseruan anak dalam bermain gadget perlu dibatasi agar tidak larut tenggelam dan membatasi dirinya dalam berinteraksi dengan dunia luar.

Sumber :
https://blog.flamingotravels.co.in/2013/10/technology-vs-childhood-development-are-you-the-master-or-is-technology-ruling-you/

Penulis : denikian

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *