SoundCLoud akankah di Jual?

SoundCLoud akankah di Jual?

Jagad Internet kembali memunculkan awan kelabu, dengan kabar burung mengenai krisis finansial-nya SoundCloud yang telah terdengar sejak awal tahun 2017 ini dan telah menyebabkan akan dijualnya Startup ini. Bagaimana hal ini bisa terjadi..?

Disepanjang awal tahun 2017 Souncloud dikabarkan tengah berjuang mencari pendanaan baru, untuk membantu keberlangsungan hidup Startup ini di layanan streaming di masa mendatang. Dimana kabar terakhir adalah akan adanya kesepakatan untuk menjual saham kepada dua perusahaan ekuitas swasta.

Dikutip dari Bloomberg, Senin (31/7/2017), perusahaan ekuitas tersebut pada akhirnya akan membeli saham mayoritas Soundcloud dalam dua buah kesepakatan yang terpisah. Sayang informasi mengenai nama dua perusahaan yang tertarik membeli saham layanan streaming ini masih bersifat rahasia.

Sebelumnya SoundCloud sudah mengantongi pendanaan baru sebesar US$70 juta atau Rp. 939M, sayangnya ternyata status dana ini adalah debt funding (pinjaman). Dimana dana sebesar itu, rencananya akan digunakan oleh SoundCloud untuk mengoptimalkan teknologi yang dimilikinya dalam menciptakan platform yang lebih inovatif dan tentu saja demi merekrut lebih banyak sumber daya manusia berkualitas.

Tapi semuanya kemudian hanya menjadi mimpi, terbukti dengan dirumahkannya sekitar 173 SDM atau sebesar 40% dari total karyawan. Ditambah dengan kandasnya negosiasi dengan Spotify. Lalu bagaimana nasib Startup ini nantinya? Sepertinya Himpitan Finansial telah membuat startup ini goyah, dan hanya Tuhan dan Co-Founder SoundCloud, Alex Ljung saja yang bisa menjawab.

Sumber :
https://www.recode.net/2017/3/10/14887806/soundcloud-sale-investment
https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-07-29/soundcloud-is-said-near-deal-to-sell-stakes-to-private-equity
https://www.bloomberg.com/news/articles/2017-07-06/soundcloud-cuts-40-percent-of-staff-in-bid-to-remain-independent

Penulis : denikian

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *