PLUS MINUS INTERNET BAGI ANAK DIBAWAH UMUR

PLUS MINUS INTERNET BAGI ANAK DIBAWAH UMUR

Jogjatronik.com –  Jumlah pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya semakin meningkat,
dari usia anak-anak hingga orang tua pun tak kalah bersaing untuk mengaksesnya, apalagi dengan hadirnya aplikasi-aplikasi yang sangat menghibur dimulai dari game, media sosial hingga mengakses berbagai situs pun dapat dilakukan dengan mudah.
Terkait fenomena ini akan ada imbas yang akan terjadi pada si Pengguna bisa positif dan kemungkinan besar bisa juga negatif.

Kita sebagai pengguna internet pun harus bijak dalam menggunakannya, kemudahan dalam mengakses berbagai situs inilah yang sangat berdampak pada kehidupan si Pengguna tersebut, untuk para orang tua yang sudah memfasilitasi anaknya dengan Smartphone / Tablet / PC / Laptop (yang menggunakan jaringan internet) harus lebih jeli dan berhati hati, karena pada dasarnya pengawasan orang tualah yang terpenting.

Pada kesempatan ini saya akan bahas plus minus internet bagi anak-anak dibawah umur (antara 5 th sd 16 th). Dengan kemajuannya teknologi di Era ini tentunya akan membuat anak anak akan lebih intens mengaksesnya, Berikut ini saya akan sampaikan beberapa rangkuman dampak positif dan negatif penggunaan internet bagi anak-anak :

Dampak positif

  • Menjadi Sarana Belajar Bagi Anak

Kemudahan dalam mengkases berbagai informasi inilah yang menjadi anak lebih mudah untuk belajar, apalagi dalam mengerjakan tugas sekolah.

  • Kepekaan dengan kemajauan teknologi

Begitu dekatnya kita dengan dunia luar saat kita mengakses internet sehingga kita tau berbagai macam perkembangan teknologi didalam negeri maupun dimancanegara.

  • Sarana Mencari Informasi

Salah satu fungsi internet adalah untuk mencari berbagai informasi, dimana informasi tersebut bisa berbagai artikel ataupun pengetahuan yang mungkin tidak kita dapatkan disekolah, ini yang menjadikan pengetahuan kita semakin luas.

  • Sarana Bersosialisasi

Perihal dengan ini, akan semakin membuat anak-anak besosialiasi di sosial media, mengingat banyaknya aplikasi yang sudah dibuat seperti FB, Istagram, twitter, dan Instagram.

  • Sarana Hiburan

Banyaknya game dan aplikasi yang bisa membuat anak-anak kita betah dirumah.

Dampak Negatif

  • Kecanduan

Salah satu efeknya ya mereka (anak-anak) bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain internet karena banyaknya aplikasi dan game yang bisa diakses.

  • Informasi yang tidak valid

Begitu banyaknya informasi yang sumbernya tidak bisa dipertanggungjawabkan, dan apabila tidak bisa selektif maka bisa-bisa data yang kita terima salah.

  • Menjadi Plagiat

Dengan dipermudahnya akses internet maka akan membuat anak-anak lebih condong untuk mengutip segala tugas ataupun karya, jadi membuat anak menjadi malas untuk berfikir atau berkreasi.

  • Kemunkinan Membuka konten Negatif

Tanpa disadari segala macam situs bisa dibuka diinternet, dikawatirkan anak-akan membuka konten negative atau pornografi

  • Kurang Interaksi di Dunia Nyata

Terlalu sering menggunakan internet akan membuat orang untuk tidak peduli dengan hal disekitar karena terlalu asik dengan internet, bahkan akan menjadikan anak condong lebih suka menyendiri.

  • Salah Bergaul

Di dunia maya kita akan banyak berkomunikasi dengan orang yang tak dikenal, terutama di media social, dan mereka juga tidak tau umur dan latar belakang teman maya kita. Dikawatirkan karena terlalu intens bergaul dimedsos dengan yang tidak seusia akan membawa pengaruh buruk karena perbedaan umur dan pola berfikir, sudah banyak terjadi penipuan terhadap anak dibawah umur hingga dibawa kabur oleh teman maya nya.

Dari rangkuman diatas tentunya akan menjadi suatu polemic jika dampak negative yang didapatkan, tapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi suatu prestasi jika seorang anak bisa memanfaatkan internet dengan bijaksana tentunya dengan bimbingan orang tua

Sudah menjadi tugas orang tua untuk selalu memberikan pemahaman tentang dampak negative penggunaan internet yang salah dan juga berilah waktu yang cukup untuk menggunakan internet (sesuai porsi/kebutuhan) dan tentunya dalam pengawasan. Dari semua itu yang terpenting adalah tanamkan nilai – nilai pengetahuan ilmu agama ke dalam diri anak , karena hal itulah yang akan memfilter pola pikir anak sebelum bertindak, dan ajaklah anak anda untuk bersosialisasi dengan hal disekitar.

Demikianlah plus minus internet bagi anak-anak, semoga bermanfaat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *