60 juta Kartu SIM Prabayar sudah teregistrasi, bagaimana dengan kartumu?

60 juta Kartu SIM Prabayar sudah teregistrasi, bagaimana dengan kartumu?

Jogjatronik.com – Kebijakan registrasi kartu SIM prabayar dengan mencantumkan NIK dan nomor KK yang mulai diberlakukan sejak 31 Oktober 2017 lalu telah membuahkan hasil yang signifikan. Sampai dengan dua minggu ini, kartu SIM yang teregistasi telah mencapai 60 juta kartu SIM (16,6% dari total Kartu SIM Prabayar yang beredar, diperkirakan ada 360 juta kartu SIM Prabayar dengan kemungkinan sudah 290 juta kartu SIM tersebut aktif).

Data yang masuk tersebut juga telah diverifikasi kebenarannya melalui database kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Kantor Catatan Sipil (Dukcapil), Kementerian Dalam Negeri (Kemendag).

Semoga tujuan pemerintah untuk menghasilkan “National Single Identity” bisa berhasil, karena nantinya sistem operator seluler terhubung dengan database Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) sehingga identitas pemilik kartu prabayar akan terkait langsung dengan data kependudukannya.

Dasar hukum registrasi kartu prabayar ini tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 12 Tahun 2016.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *