Aplikasi Video buatan Facebook siap jadi Pesaing YouTube

Aplikasi Video buatan Facebook siap jadi Pesaing YouTube

Jogjatronik.com – Facebook telah merilis Facebook Creator sebuah aplikasi yang ditujukan kepda para kreator video. Tak dipungkiri, hal ini tentu saja merupakan jawaban Facebook atas semakin melesatnya penggunaan YouTube, Facebook sepertinya merasa yakin dengan jumlah anggota yang mencapai milyaran, Facebook Creator akan mampu menyaingi atau bahkan segera mengalahkan Youtube. Sama seperti Instagram Stories yang mampu menjegal Snapchat dengan sukses..

Meskipun aplikasi Facebook Creator baru dapat digunakan dalam beberapa bulan mendatang, tapi ide ini sebenarnya telah di telurkan pada bulan Juli 2017 lalu. Lalu apa sih pembeda terdekat dengan Youtube?

  1. Live Creator Kit. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuat sendiri intro video seperti lagu latar dan sambutan dari berbagai koleksi yang telah disediakan. Nantinya, pengguna Facebook juga dapat melakukan siaran langsung dan membagikan video mereka tanpa harus mengedit video terlebih dahulu (dan seperti Instagram Video, nantinya reaksi penonton video bisa dibagikan langsung).
  2. Unified Inbox (kotak masuk terpadu). Fitur ini memungkinkan pemirsa mengirimkan pesan yang bersifat probadi kepada pembuat video. Uniknya video creator juga akan dapat memoderasi kolom komentar mereka yang terintegrasi dengan media sosial lain seperti Instagram. Dengan demikian, video creator dapat menghapus komentar yang tidak diinginkan di video tanpa harus berpindah ke media sosial lain.
  3. Facebook Camera, Video Creator  dapat melakukan cross-posting Stories ke aplikasi lain seperti Instagram dan Twitter.
  4. Sama seperti aplikasi media sosial lainnya, Facebook Creator juga dilengkapi Mesin Analitycs yang mampu melihat demografi penggemar, bahkan saran dari Facebook tentang brand apa saja yang mungkin bisa memasang iklan di channel pengguna.
  5. Tanpa Subscriber, Mungkin hal ini akan jadi kekurangan dari Facebook Creator, karena tentunya akan berdampak pada kemungkinan monetisasi/pendapatan.

Oh iya sayangnya saat ini aplikasi Facebook Creator baru tersedia untuk IOS

Sumber : https://www.facebook.com/creators

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *