Hal Yang Tidak di Anjurkan Dalam Penggunaan Internet

Hal Yang Tidak di Anjurkan Dalam Penggunaan Internet

Jogjatronik.com – Internet membuat kita terhubung dengan Dunia luar, berbagai akses dapat kita peroleh dari membaca berita Online, transaksi, bahkan mendapatkan uang dari Internet, betapa mudahnya hidup ini dengan akses Internet.

Dalam menggunakan internet pun ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan, karena bisa jadi apa yang kita lakukan bisa dikatakan melanggar hukum.

Berikut ini kami sampaikan beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di Internet :

  1. Menipu

Internet tidak boleh digunakan untuk menipu, biasanya penipuan itu terjadi saat berjualan Online, seperti yang tertuang dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi & Transaksi Elektronik yaitu UU ITE yang termasuk juga dalam pasal 378 KUHP.

  1. Menyebarkan Berita Palsu / HOAX

Memberikan informasi yang tidak benar dengan maksut tujuan untuk provokasi atau yang bertujuan negative, hal inilah yang masih sering terjadi.  Diharapkan sebelum share berita atau informasi, dicek dulu kebenarannya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

  1. Memberikan Informasi Pribadi Anda

Jangan pernah memberikan informasi pribadi anda ke situs yang keabsahannya masih dipertanyakan, bisa jadi data anda akan dimanfaatkan untuk kepentingan yang tidak benar, kalu untuk tujuan positive sih tidak menjadi masalah tapi kalau digunakan untuk kegiatan negative, tentunya akan menjadi masalah yang besar untuk anda.

Dan yang paling penting juga untuk anda, jangan pernah bagikan password apapun di situs yang belum jelas asal usulnya, bisa jadi akun ada akan diretas oleh hacker.

  1. Menggunakan Hak Cipta Orang Lain

Hati-hati dalam mengambil konten di Internet karena rata – rata semua memiliki hak cipta, dan kita tidak boleh menggunakan nya untuk kepentingan komersial atau yang bersifat mengungutungkan pribadi.

Jika kalian membutuhkan konten yang tidak terikat dengan apapun untuk anda bagikan, anda bisa mencarinya di Pixels atau Unsplash dan jika anda mebutuhkan music anda bisa mecarinya di Soundcloud atau bisa mengunduh NCS  (NoCopyRightSounds ) di Youtube.

  1. Menggunggah Hal Yang Bersifat Pribadi

Rahasikan segala konten atau file yang bersifat pribadi karena ketika kita menggungah ke Internet sama saja kita membagikan ke ranah Publik, dan semua orang akan dengan bebas untuk mengaksesnya.

Berikut sedikit rangkuman terkait beberapa larangan didalam penggunaan internet, sebenarnya terkait dengan hal tersebut sudah menjadi resiko pengguna Internet itu sendiri jika melakukan hal yang dilarang, tapi sebagai konsumen yang bijaksana kita harus bisa menyikapinya dengan lebih dewasa, alangkah lebih baik memanfaatkan Internet dengan hal yang bersifat positif.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *