Ketika Komputer Bekas Dell berubah jadi Perhiasan

Ketika Komputer Bekas Dell berubah jadi Perhiasan

Jogjatronik.com – Diperkirakan jumlah sampah elektronik (e-waste) sejak tahun 2016 telah mencapai lebih dari 44,7 juta ton. Jumlah yang semakin bertambah tiap tahunnya ini, linier dengan semakin bertumbuhnya kebutuhan perangkat elektronik. Dan tentu saja angkanya juga semakin mengkhawatirkan.

Uniknya, Dell yang juga berperan dalam pertambahan jumlah sampah elektronik ini telah mengambil tindakan brilian dengan melakukan daur ulang sampah-sampah elektronik, yang tentu saja diambil dari laptop/komputer bekas merk Dell.

Baca Juga : Pemenang Undian Jogjatronik Fantastis 2 (okt-nov 2017)

Seperti diketahui Emas sering kali digunakan untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronika, seperti: prosesor, harddisk, RAM, motherboard, PCB handphone, PCB komputer, Integrated Circuit (IC), kartu cip handphone, dan sebagainya. Karena Emas mampu menghantarkan arus listrik yang nyaris tanpa hambatan (zero resistensi).

Jadi tidak heran jika komputer bekas Dell ini pun akan di daur ulang menjadi sesuatu yang sangat unik, yaitu perhiasan. Untuk mewujudkan hal ini, tentunya Dell tidak bekerja sendiri, Dell telah menggandeng Nikki Reed seorang seniman, untuk membuat perhiasan dengan desain-desain yang keren. Hasilnya, Dell kemudian menjual cincin emas, manset, serta anting 14 hingga 18 karat.

Berminat? Anda bisa memesannya melalui link ini.

Atau tertarik mencoba sendiri mendulang emas dari komputer bekas..? Coba saja buka blog ini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *