6 Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan Online

6 Tips Agar Tidak Menjadi Korban Penipuan Online

Jogjatronik.com – Jual beli online di jaman sekarang sudah menjadi tren bagi semua kalangan masyarakat, karena beberapa kemudahan dalam mendapatkan barang tersebut tanpa kita harus datang ke toko. Tentunya dengan adanya perubahan tren tersebut membuat kita lebih mudah dalam melakukan transaksi, dari memilih produk, pembayaran sampai dengan pengiriman barang.

Untuk anda yang memiliki hobi berbelanja online sebaiknya perlu lebih teliti dalam bertransaksi agar terhindar dari penipuan, sebab sudah banyak konsumen yang merasa kecewa dengan jual beli via online karena berujung dengan penipuan.

Ni buat kalian yang pada hobi shopping online, admin kasih beberapa tips agar terhindar dari penipuan online diantaranya :

  1. Harga Murah Tak Wajar

Harga selisih s/d 50 % dari harga normal, dengan alasan karena BM (black market) atau barang dari batam. Intinya jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah.

  1. Tidak Menerima C.O.D

Pihak Penjual menolak Cash On Delevery, terkadang itu menjadi trik mereka, si penjual bersedia melakukan C.O.D tp dengan syarat memberikan Dp dulu by transfer, sebaiknya jangan percaya

  1. Gak Mau Pakai RekBer

Menolak menggunakan Rekening Bersama, mereka selalu beralasan bahwa prosesnya ribet, potongan administrasi yang besar dan lama ngurusnya.

  1. Jangan Langsung Percaya Jika Mengirimkan Alamat dan Foto Toko

Belumlah jaminan jika si penjual memberikan Identitias dan Foto toko, bisa jadi foto yang dia ambil dari internet, penipu membajaknya untuk menjerat dan meyakinkan korban. Pastikan PIC Toko Real = PIC Toko Online yang anda hubungi, jika ingin lebih meyakinkan hub teman yang dekat dengan alamat toko untuk memastikan bahwa toko benar ada.

  1. Jangan Percaya Dengan Bukti Pengiriman Palsu

Banyaknya Bukti pengiriman atau Resi bukanlah jaminan, banyak gambar bajakan dari internet, Cek lewat Google Image

  1. Testimoni Palsu

Banyaknya testimony juga bukan jaminan, sama halnya dengan resi testimonipun bisa diambil dari internet.

Demikian beberapa sedikit tips yang kami bagikan, semoga bisa membuat anda lebih teliti dalam bertransaksi online, oiya gaesss pada saat bertransaksi pastikan nama penjual dengan nama pemilik rekening yang diberikan sama.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membatu anda terhindar dari penipuan berkedok jual beli online, kami juga menginformasikan kepada masyarakat berhati-hati dan waspadalah terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan tenant di Jogjatronik Mall.

Jika suatu saat anda bertemu dengan penjual mengatasnamakan dan beralamat di Jogjatronik pastikan bahwa penjual itu benar-benar tenant Jogjatronik, jangan pernah melakukan transfer sebelum anda yakin bahwa penjual itu benar-benar tenant Jogjatronik

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *