Solusi Regristrasi SIM card yang belum memiliki KTP

Solusi Regristrasi SIM card yang belum memiliki KTP

Jogjatronik.com – Terhitung 31 Oktober 2017 pemerintah mewajibkan para pengguna SIM card baru ataupun lama untuk melakukan regristrasi ulang menggunakan nomor induk kependudukan yang sesuai dengan KTP, serta nomor kartu Keluarga (KK), data tersebut akan diverifikasi dengan database di Dinas Kependudukan dan Catatatan Sipil (Disdukcapil) jadi ketika kita mengisi tidak sesuai data maka tidak akan bisa.

Regristrasi dilakukan paling lambat 28 Februari 2018, sedangkan pengguna yang mengaktifkan kartu per tanggal 31 Oktober 2017 diwajibkan langsung melakukan regristrasi menggunakan No. KTP dan No. KK.

Yang menjadi pertanyaan kita semua, bagaimana nasib pengguna SIM card yang belum memiliki KTP ?

Pengguna bisa memakai data dari KK untuk melakukan regristrasi SIM card, sebagai pengganti KTP bisa menggunakan NIK pada KK yang tertera di samping kolom nama anggota keluarga, pasalnya NIK di KK sama dengan NIK yang berada di KTP, sementara No KK- nya sendiri tertulis besar dibagian kanan atas KK.

Batas akhir Regristrasi paling lambat 28 Februari 2018, jika kita tidak melakukan daftar ulang maka nomer SIM card kita akan mengalami pemblokiran secara bertahap.

Dikutip dari Kompas.com
Image by google

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *