Jenis-jenis pelindung layar smartphone yang harus kamu ketahui

Jenis-jenis pelindung layar smartphone yang harus kamu ketahui

Jogjatronik.com – Layar merupakan bagian terpenting dalam smartphone, karena sangat pentingnya layar tersebut para produsen smartphone melengkapi spesifikasi nya dengan menambahkan pelindung kaca atau anti gores atau lebih ngetrend dengan sebutan screen guard, karena ketika sudah terpasang pelindung layar bisa dikatakan aman dari goresan.

Tapi , taukah anda apa saja jenis dan kelebihan pelindung layar tersebut? Mari kita simak ulasannya dibawah ini,

  1. Gorilla Glass

Pelindung layar ini memang sangat pupoler dan tidak asing ditelinga kita, hampir semua merk smartphone menggunakan produk ini, produk yang berbasis di Amerika Serikat ini memiliki keunggulan mudah dibersihkan, tipis namun sangat kuat dan diklaim mampu menahan tekanan lebih dari 120 pound atau setara 54,43 kg dan yang paling penting tidak mengurangi respon sensitive pada layar penuh.

  1. Oleophobic Coating

Oleophobic Coating merupakan lapisan layar pada permukaan kaca dengan ketahanan lebih terhadap goresan ringan, sealian itu lapisan ini juga dapat menangkal kotoran yang berasal dari jari tangan (berminyak)

  1. Scratch Resistant Glass

Pelindung layar ini merupakantipe yang hanya dapat melindungi dari goresan saja, itupun hanya goresan kecil. Jadi untuk lebih amannya silahkan tetap menggunakan tempered glass terbaik untuk melindungi smartphone kamu.

  1. Dragontrail Glass

Teknologi ini dikembangkan oleh Asahi Glass dan bisa dikatakan sebagai anti gores yang sangat kuat, dengan ketebalan 1mm dan mampu menahan bebas sampai dengan 60 kg bahkan anti gores ini mampu melewati uji tekuk (bending) dan pukulan palu tanpa mengalami retak sedikitpun. Sony Xperia Active, Sony Xperia Z dan Xiaomi MI2 telah menggunkan pelindung layar ini.

  1. Corning Concore Glass

Corning concoring Glass sama-sama dibuat oleh perusahaan ayng memproduksi Gorilla Glass, perbedaannya adalah Concore Glass Berjenis Layar OGS (One Glass Solution) laminater yang mana touch sensornya terintegrasi langsung dengan kaca pelindung sehingga mampu mengeliminasi efek refraksi cahaya, dan layar terlihat lebih kaya warna dan kontrasnya sangat baik dan yang terpenting kuat, tahan gores dan tahan benturan.

  1. Sapphire Glass

Pelindung layar ini merupakan material terkuat keduan di dunia setelah berlian, beberapa produk iphone sudah menggunakan teknologi ini karena memiliki kekuatan yang sangat baik terhadap goresan serta benturan. Namun karena setelah muncul kelemahan kalua Saaphire Glass tidak lebih kuat dan lebih baik dari Gorilla Glass, perlahan iphone mulai meninggalkan pelindung layar jenis Saaphire Glass ini.

  1. Rhino Glass

Satu lagi pelindung layar yang memiliki kekuatan tangguh terhadap benturan dan goresan, teknologi Rhino Glass Shield berbeda dengan konsep Gorilla Glass ataupun Sapphire Glass yang langsung melapisi layar perangkat. Rhino Glass adalah screen protector yang sangat tipis, bahkan karena sangat tipis membuat perangkat anda seperti tidak menggunakan screen protector dan teknologi ini mampu menahan gempuran dari objek seperti pisau, palu, dan bola besi yang cukup berat.

Itulah beberapa jenis pelindung layar yang sudah beredar dan digunakan pada berbagai smartphone, walaupun smartphone kamu sudah menggunkan pelindung layar yang sangat kuat, kami tetap menyarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan smartphone anda. Karena tidak ada jaminan layar smartphone kamu bisa kuat menghadapi benturan dan goresan.

Pict From google

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *