ROBOBO, Robot Sederhana untuk Edukasi

ROBOBO, Robot Sederhana untuk Edukasi

Jogjatronik.com – Baru-baru ini perusahaan teknologi dari Spanyol bernama MINT telah berusaha mewujudkan ide, membuat robot sederhana demi kepentingan edukasi. Robot sederhana ini bernama ROBOBO yang menggabungkan smartphone dengan perangkat yang memiliki sensor gerak (gyroscope, magnetometer serta accelerometer). 

Dengan gabungan dua teknologi ini, ROBOBO nantinya dapat bergerak dan mengenali obyek disekelilingnya, bahkan mampu berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.

Mengapa ROBOBO penting?

Dalam waktu dekat, impian tentang hadirnya perangkat yang mampu bergerak secara otomatis akan semakin tercapai, perangkat yang dapat melakukan tugas yang berbeda tanpa perlu pengawasan terus menerus. Benar bahwa hadirnya perangkat pintar/robot ini akan memiliki konsekuensi, diantaranya beberapa jenis pekerjaan akan hilang tapi akan muncul jenis pekerjaan baru. Untuk itu MINT menganggap perlu untuk mempersiapkan SDM demi pasar baru ini, mempersiapkan orang-orang yang paham tentang robotika. Tapi bagaimana caranya agar belajar tentang robotika bisa dilakukan dengan cara yang menyebangkan? Itulah pentingnya kehadiran Robobo.

Bagaimana Cara Robobo Bekerja?

Sederhananya Robobo adalah tubuh dan smartphone kita adalah otaknya. Smartphone yang saat ini tersedia di pasaran sudah memiliki banyak teknologi keren seperti berbagai kemampuan sensor, peningkatan kemampuan prosesor, kemampuan berkomunikasi, penginderaan tingkat rendah dan kemampuan gestural (membaca gerak).

Contohnya melalui kemampuan dasar smartphone seperti giroskop, magnetometer dan accelerometer, Anda akan dapat memprogram Robobo untuk melakukan hal-hal sederhana meskipun itu hanyalah bergerak pindah ke selatan!!

Tertarik? Robot pintar ini bisa diperoleh melalui proyek Kickstarter dengan merogoh kocek sebesar €345 atau sekitar Rp. 6 juta.

Penasaran? Lihat lebih detail disini

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *