Siapa sih Christopher Wylie, Pemuda yang Berani Membocorkan Skandal Facebook itu?

Siapa sih Christopher Wylie, Pemuda yang Berani Membocorkan Skandal Facebook itu?

Christopher Wylie adalah pria milenial berusia 28 tahun asal Kanada yang bekerja sebagai ahli analisa data. Christopher Wylie sendiri adalah lulusan London School of Economics (LSE), sebuah sekolah tinggi yang bergengsi di Inggris.

Tiba-tiba saja publik geger dengan pengungkapan Skandal Facebook dan Cambridge Analytica yang dilakukan oleh Christopher Wylie melalui The Guardian pada Minggu Lalu (18/3/2018).

Karena hal ini, Wylie-pun dianggap sebagai pahlawan dan menjadi pembokar rahasia internal perusahaan alias menjadi seorang whistleblower.

Christopher Wylie ternyata berasal dari keluarga yang mapan. Kedua orang tua nya adalah dokter bahkan beberapa waktu lalu keluarga ini telah menjual rumahnya senilai Rp 34 miliar.

Menurut The Guardian, Christopher Wylie ternyata adalah orang yang cerdas, lucu, dan jago bercerita.

The Globe and Mail juga menulis bahwa Christopher Wylie sejatinya telah meninggalkan Cambridge Analytica sebelum perusahan itu bergabung dengan kampanye Trump, demi kemenangan Pilpres di Amerika sana.

Selepas resign dari Cambridge Analytica, Christopher Wylie pulang ke Kanada. Christopher Wylie saat itu, ternyata memiliki perasaan bersalah dan juga marah akibat kerjasama Facebook dan Cambridge Analytica. Sampai kemudian dia merasa harus membocorkan informasi rahasia itu, yang menimpa lebih dari 50 juta akun pengguna Facebook.

Christopher Wylie juga telah membeberkan bukti-bukti dan dokumen-dokumen resmi ke kantor Komisi Informasi dan unit kejahatan siber Agensi Kejahatan Nasional di Inggris.

Facebook pun menanggapi dengan memblokir akun Facebook milik Christopher Wylie, hal remeh yang bisa dengan mudah dihadapi oleh Christopher Wylie yang kini rutin berkampanye dan menggalang dana lewat Twitter rival terberat Facebook.

Saat ini Christopher Wylie juga sudah menyetujui untuk memberikan kesaksikan pada pemerintahan Amerika Serikat (AS) melalui Komite Intelijen dan Komite Yudisial dari DPR AS. Selain itu, Christopher Wylie juga sudah siap untuk melakukan hal yang sama di depan Komite Digital Parlemen Britania Raya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *