Ternyata Begini Tanggapan Terbaru Bill Gates tentang Bahaya Mata Uang Virtual

Ternyata Begini Tanggapan Terbaru Bill Gates tentang Bahaya Mata Uang Virtual

jogjatronik.com – Bill Gates (co-founder Microsoft) menyatakan ke publik tentang Bahaya Mata Uang Virtual atau cryptocurrency. Pernyataan ini disampaikan Bill Gates dalam sesi tanyajawab “Ask Me Anything” yang digelar di forum online Reddit, pada hari Selasa (27/2/2018).

Menurut Orang Terkaya di dunia ini, cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, ripple dan lainnya bisa digunakan untuk membantu orang-orang bersekongkol dalam menutupi transaksi keuangannya dari negaranya masing-masing.

Bahkan cryptocurrency sering disalahgunakan dalam tindak kriminal keuangan, terorisme, dan peredaran narkoba. Cryptocurrency sering digunakan untuk kulakan fentanil dan obat terlarang lainnya, obat-oabtan yang dapat menyebabkan kematian secara tidak langsung.

Baca Juga : Pemenang Terbaru Jogjatronik Fantastis (1 Motor dan 3 Smartphone)

Bahkan banyak otoritas negara menyatakan bahwa mata uang virtual ini sering digunakan untuk pendanaan aksi kriminal antaralain pencucian uang dan terorisme.

Cryptocurrency memberikan kemudahan bagi pemiliknya untuk berlindung dibalik nama anonim, sehingga secara teknis kegiatan transfer uang digital akan semakin sulit dilacak dibandingkan dengan  transfer uang tunai.

Transaksi uang digital secara tunai dan dalam nominal yang sangat besar tentunya menimbulkan kecurigaan dari lembaga otoritas keuangan. Saat ini, banyak aksi dari pihak berwenang untuk menekan penyebaran dan aktivitas gelap dari cryptocurrency dengan mencari titik pertukaran dari blockchain ke dunia nyata, seperti penukaran token ke uang tunai.

Opini dari Gates ternyata dibantah oleh beberapa pihak. Tapi para penyanggah juga mengakui bahwa Cryptocurrency, memang memiliki dua sisi gelap dan terang, tapi tidak selamanya gelap.

Antara lain UNESCO beberapa waktu lalu telah melakukan penggalangan donasi dari para penambang cryptocurrency di seluruh dunia, untuk membantu anak-anak korban perang Suriah yang masih berlangsung hingga saat ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *