Cara Atasi Kecanduan Youtube (bagian Kedua)

Cara Atasi Kecanduan Youtube (bagian Kedua)

Sebelum anda membaca Cara Mengatasi Kecanduan Youtube Bagian Kedua ini, pastikan anda sudah membaca Bagian Pertama terlebih dahulu

Memutus Akses Youtube

Anda sudah secara jujur dan sadar, paham bahwa anda memang sedang mengalami kecanduan dengan tayangan Youtube. Jika Anda benar-benar ingin mengatasi kecanduan ini, segeralah blokir YouTube dari komputer, laptop dan smartphone Anda, mintalah bantuan orang yang berpengalaman untuk melakukannya, sehingga Anda tidak dapat mengakses situs youtube.

Batasi waktu penggunaan komputer, laptop, dan smartphone dengan ketat. Umumnya, para pengguna internet menghabiskan waktu di atas empat jam per hari di Internet. Hal ini tidaklah sehat. Bahkan para pengguna komputer seringkali mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Masalah tulang dan otot.
  • Sakit kepala.
  • Penyakit menahun yang disebabkan oleh stres.
  • Masalah penglihatan.

Aturlah waktu penggunaan komputer dengan bijak. Seringkali kecanduan bisa dihentikan secara bertahap, misalnya dengan menguranginya secara perlahan.

Pastikan anda selalu melakukan ini. Sebelum berselancar dan mengakses YouTube, selesaikanlah tanggungjawab atas berbagai tugas/pekerjaan yang anda terima terlebih dahulu dalam waktu yang telah Anda atur. Salah satu keuntungan dari hal ini adalah, anda secara perlahan mengatasi masalah kecanduan sekaligus berlatih mengatur waktu.

Jika perlu, anda bisa mengunduh perangkat lunak pengatur waktu. Di internet, tersedia banyak aplikasi untuk melacak waktu yang Anda habiskan di aplikasi tertentu sehingga Anda mengetahui apa saja yang Anda lakukan (dan tidak sempat lakukan) di hadapan layar.

Gunakanlah layanan favorit untuk melakukan “patroli internet”, seperti Net Nanny atau K9 Web Protection. Perangkat lunak ini, atau perangkat lunak yang serupa bisa anda temukan untuk smartphone anda. Fungsinya tentu saja untuk memblokir atau membatasi waktu akses pada situs tertentu.

Gunakanlah internet sebagai sarana positif untuk pengembangan diri, daripada hanya sekedar hiburan saja. Anda bisa memperoleh berbagai informasi positif yang terkini, informasi sejarah, dan ilmu apa pun yang diinginkan. Gunakanlah internet untuk belajar.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *