Cara Atasi Kecanduan Youtube

Cara Atasi Kecanduan Youtube

Jogjatronik.com – Hai Jeter’s. Tahu gak? Bagaimana sih, Cara mengatasi kecanduan youtube? Bukan hanya youtube aja sih, cara-cara yang kami sampaikan disini juga bisa digunakan untuk mengatasi kecanduan Kebutuhan Internet baik melalui media Game Online, Forum Online maupun Media Sosial. Simak ya guys…

Pahami Masalah

Langkah pertama kali untuk mengatasi masalah kecanduan, adalah dengan jujur dan mau mengakui bahwa Anda mengalami kecanduan ini. YouTube memang sangatlah sexy, bahkan mampu menarik jutaan pemirsa baik dari golongan dewasa maupun anak-anak.

Benar, bahwa ada beberapa orang yang menjadi kreatif dan menghasilkan karya-karya di Youtube. Tapi kenali diri anda, anda adalah seorang kreator atau hanyalah konsumen?

Akui saja bahwa Anda telah begitu banyak menghabiskan waktu di Youtube, bahkan mungkin anda telah membuang tanggungjawab anda di tempat kerja, hanya demi beberapa tontonan sepele yang tidak memberikan pengaruh baik pada hidup dan tanggungjawab anda. Kenali sejak dini gejala-gejala ini, lalu? Atasi!

 Kenali ciri-ciri “pengasingan”.

Apakah Anda mulai mengabaikan waktu bersama teman dan keluarga yang lebih peduli pada Anda daripada konten di Youtube? Saat seseorang mengalami kecanduan, baik alkohol, game online, narkoba, atau bahkan YouTube, salah satu perilaku yang muncul adalah bahwa ia hanya ingin bersama orang-orang yang menerima ketagihannya. Hanya mau bersama-sama dengan orang-orang yang mengkonsumsinya.

Periksa kesehatan Anda.

Meskipun Youtube hanyalah sebuah konten hiburan. Tapi kecanduan terhadap konten Youtube, (meski tidak nyata) terkadang mampu mempengaruhi kesehatan seseorang secara nyata. Akui saja. Cek apakah kebersihan tubuh Anda mulai menurun?

Apakah Anda mulai mengabaikan rambut, kuku, dan gigi? Apakah anda mulai mengabaikan lingkungan Rumah Anda. Atau bahkan terhadap orang-orang yang semestinya anda sayangi dan anda peluk. Tapi justru anda abaikan hanya karena tayangan di Youtube atau bisa jadi media lain? (Media Sosial misalnya?)

Periksa pola makan Anda.

Kecanduan terhadap sesuatu, telah membuat anda mengabaikan diri Anda dan orang-orang terdekat. Cek apakah anda mulai

  1. mengabaikan asupan kesehatan pada makanan?
  2. Anda mulai mengalami perubahan suasana hati dengan cepat?
  3. Mudah Depresi, mudah kesal (terutama jika Anda tidak bisa mengonsumsi hal yang membuat anda kecanduan),
    dan rasa marah adalah tanda-tanda Anda mulai mengalami kecanduan
Perhatikan alasan yang Anda berikan.

Salah satu tanda-tanda kecanduan adalah kecenderungan Anda untuk membuat berbagai alasan, untuk membenarkan apa yang anda lakukanb. Anda berusaha membuat segala sesuatu terasa Rasional, meskipun itu sebenarnya hanya untuk anda.

Orang-orang disekitar anda yang hidup secara normal, akan merasa terganggu dan mulai berusaha mengatasi atau menghentikan kebiasaan buruk anda.

Anda tentu saja, akan menolaknya, dan lasan=-alasan pun kembali bermunculan demi membela kebutuhan anda.

Pahami bahwa kecanduan akan membawa masalah pada hidup Anda.

Jujurlah kembali pada diri anda sendiri.

  1. Apakah produktivitas Anda menurun?
  2. Apakah Anda pernah terlalu lama menonton video/bermain game/media sosial sehingga pekerjaan Anda terabaikan?
  3. Apakah Anda mulai mengurangi aktivitas fisik? Sering kali, kecanduan akan menyebabkan Anda mengurangi waktu berolahraga, bepergian, dan beraktivitas sosial/fisik secara ekstrem.
Tips, Biarkan teman/saudara Anda membantu.

Jangan ragu-ragu menceritakan masalah kecanduan Anda pada teman. Jika teman Anda adalah teman sejati, mereka takkan hanya menilai Anda, mereka pasti ada disamping anda, dan akan selalu siap menolong.

Hadapi kecanduan YouTube layaknya kecanduan sesungguhnya. Kecanduan bisa berefek serius, dan kecanduan YouTube dapat berefek samping sama dengan kecanduan narkoba

(*) Ciri-ciri ini juga mencerminkan diri kita yang kecanduan Game Online, M<edia Sosial, atau Internet

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *