Pemerintah Indonesia akan blokir Facebook..?

Pemerintah Indonesia akan blokir Facebook..?

Jogjatronik.com – Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia melakukan ancaman untuk memblokir Facebook. Hal ini perlu dilakukan terkait dengan kebutuhan data tambahan dari facebook untuk pemerintah Indonesia, jika facebook tidak juga menyerahkan data tersebut hingga 26 April 2018. Batas waktu yang diberikan sudah terlewati, dan sampai saat inipun Facebook ternyata masih bisa diakses. Jadi? Benarkah Indonesia akan memblokir Facebook?

Melalui informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, diketahui bahwa Facebook memang masih sibuk menghadapi proses audit yang dilakukan oleh pemerintah Inggris. Dan pemerintah Indonesia belum bisa mengambil tindakan tersebut, sampai proses audit ini selesai.

Kita memang harus menghormati proses hukum yang berlangsung saat ini. Pun, sebenarnya Facebook sudah berusaha memenuhi permintaan tersebut dan Kominfo sendiri dikabarkan sudah cukup puas dengan balasan Facebook. Hal ini memang perlu dilakukan pemerintah kita, terkait dengan terjadinya kebocoran data 50 juta akun Facebook, yang konon kabarnya mempengaruhi hasil PEMILU di Amerika.

Nantinya, setelah proses audit dari Pemerintah Inggris selesai, Kominfo baru bisa melakukan audit untuk data-data pengguna di Indonesia yang ikut bocor dalam skandal kebocoran data Facebook. Jika terbukti ada kesengajaan pada kebocoran data, Kominfo akan mengambil tindakan tegas yang bisa saja berakhir pada pemblokiran.

Kita tunggu saja.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *