Garansi Resmi VS Garansi Distributor Mana yang lebih baik?

Garansi Resmi VS Garansi Distributor Mana yang lebih baik?

Hai jeter’s sudah tahu belum? Perbedaan Garansi Resmi VS Garansi Distributor? Apa saja sih kelebihan dan kekurangannya? Penting lho, buat kamu-kamu yang ngebet banget beli gadget.

Ketika kamu mau membeli sebuah gadget (baik smartphone ataupun kamera dijital), garansi adalah salah satu pertimbangan yang harus kamu putuskan secara bijak. Karena akan melindungi kamu dari berbagai resiko saat gadget kesayanganmu rusak.

Garansi Resmi VS Garansi Distributor tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang biasanya berpengaruh terhadap harga dan kenyamanan saat membeli gadget.

Garansi distributor tidak selalu mencerminkan gadget yang kamu beli adalah gadget dengan kualitas rendah entah itu KW, Palsu, Replika, ataupun BM. Karena biasanya garansi distributor ini diterapkan pada barang-barang yang biasanya dibeli di negara lain lalu dijual kembali di Indonesia oleh distributor yang bersangkutan. Sedangkan garansi resmi diberikan kepada barang yang dijual dan didistribusikan oleh distributor resmi yang sudah menjalin kerjasama dengan perusahaan penyedia barang tersebut.

Inilah perbedaan Garansi Resmi VS Garansi Distributor yang harus jeter’s ketahui

  1. Cara Klaim Garansi
    Cara Klaim adalah perbedaan paling menonjol antara garansi distributor dan garansi resmi.Jika kamu membeli barang bergaransi distributor, saat smartphone/digital cameramu mengalami kerusakan, maka klaim garansi hanya dapat kamu lakukan melalui toko tempat membeli atau di service center distributor.Nah, saat kamu mencoba datang ke service center resmi, kamu akan dikenakan biaya pembetulan dengan harga normal sesuai kerusakan yang dialami. Itupun jika kamu tidak ditolak ya.
  2. Kemampuan Tenaga Ahli
    Keahlian tenaga ahli dari Servis Center resmi lebih terpercaya, karena mereka mendapatkan pelatihan dan sertifikasi khusus.
  3. Harga
    Harga barang dengan garansi distributor tentunya lebih murah dibandingkan dengan garansi resmi. Perbedaan harganya bahkan mampu mencapai 1jutaan lebih.Dan harga gadget bergaransi resmi biasanya tidak memiliki perbedaan mencolok di berbagai daerah, bahkan kadang mereka menggunakan SRP (semcam standar harga barang)
  4. Software dan Hardware
    Sayangnya, gadget yang bergaransi distributor seringkali memiliki aksesoris dan hardware yang tergolong tidak lumrah, karena tidak dibuat berdasarkan standar yang ada di Indonesia. Contohnya charger kaki tiga, harus ditambahkan alat khusus agar bisa berfungsi.Software pada gadget bergaransi distributor juga biasanya berbeda dengan garansi resmi, bahkan ada yang sudah di sisipi mallware ataupun adsware, ih.. serem kan.Kadang hal ini membuat kenyamanan pengguna jadi terganggu.
  5. Tanpa Dukungan Bahasa Indonesia dll
    Barang bergaransi distributor seringkali

    • tidak memiliki buku manual ataupun software dengan dukungan Bahasa Indonesia.
    • Tidak bisa update OTA
    • spesifikasi gadget yang berbeda, terutama sering terjadi pada smartphone. Contohnya jaringan internet belum mencapai 4G yang disebabkan pengaturan frekuensi jaringan internet yang berbeda dengan negara tempat pembelian gadget oleh distributor.

Jadi Mana yang Harus Kamu Pilih?

Bijaklah, jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari. Jika kamu emang hobi kotak-katik dan nyman dengan barang lebih murah dan tidak mempersoalkan hal-hal teknis di bagian software, menguasai bahasa yang tersedia, tidak masalah dengan aksesoris yang non Ori kamu bisa saja membeli gadget dengan garansi distributor.

Tapi jika kamu ingin merasa lebih nyaman dan kamu adalah orang cenderung berhati-hati, pilihlah barang bergaransi resmi. Minim resiko, tidak repot, selalu up-to-date dengan sistem terbaru, mendukung bahasa Indonesia serta budget yang sebenarnya terhitung sesuai.

Kalau menurut jeter’s sendiri bagaimana? Bagi dunk pengalamannya

Kalo mau cari barang Garansi Resmi kesini ajah guy’s

Share this post

Comments (3)

  • Ikhwan jalal Reply

    Trimakasih sdah bsa mencerahkan orang awam.. Thank u….

    March 14, 2019 at 4:20 pm
  • nyampling.com Reply

    Wah baru tauh saya om,,terima kasih infonya,,,sangat bermanfaat

    April 21, 2019 at 4:21 pm
  • Novian Pradana Reply

    Setuju dengan admin

    October 18, 2019 at 8:19 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *