Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Seiring waktu penggunaan smartphone performanya pun akan berangsur menurun, dan sering yang kita alami adalah smartphone menjadi lemot. Untuk hal tersebut kita harus mengetahui apa saja penyebab smartphone menjadi lemot dan cara mengatasinya.

Berikut penyebab smartphone menjadi lemot dan cara mengatasinya :

  1. Aplikasi Background / Latar belakang

Keunggulan smartphone adalah memiliki kemampuan multitasking, dan Terkadang kita sering membuka aplikasi di smartphone tak jarang sering lupa menutupnya dan langsung berpindah ke aplikasi lain,dan ini sering terjadi bahkan beberapa aplikasi belum tertutup secara sempurna hal ini yang menguras RAM dan akhirnya smartphone kita menjadi lemot

Untuk menghentikannya, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat settings – Applications. Atau menutupnya dengan menekan Recent App

  1. Terlalu Banyak Aplikasi Terinstal

Hindari terlalu banyak menginstal aplikasi karena bisa menjadi penyebab smartphone anda lemot, nge-Blank, crashing, force close dan error. Dan semua aplikasi yang terinstal membutuhkan RAM untuk menjalankan prosesnya dan bahkan aplikasi yang kita install dan tidak kita gunakan lagi sementara masih memerlukan resource RAM tersebut.

Untuk meningkatkan performa smartphone hapus (uninstall) aplikasi yang sudah tidak kita gunakan, dan jangan khawatir jika kita butuh kita bisa install kembali

  1. Memori Internal Penuh

Jika internal memori smartphone kita penuh tentunya akan menghambat kinerja dan yang pasti akan membuat smartphone kita menjadi lemot.

Cara mengatasinya manfaatkan juga MicroSD untuk menambahkan memori eksternal guna menyimpan file.

  1. Cache Menumpuk

Cache pada smartphone berguna untuk merekan jejak seorang pengguna dalam menjalankan sebuah program file atau aplikasi. File ini menyimpan data aktifitas terakhir dan termasuk melakukan backup otomatis. Tapi jika dibiarkan selama berhari-hari tanpa dibersihkan tentunya akan menurunkan performa smartphone alias lemot

Biasakan Clear Cache secara berkala lewat menu Settings – Storage untuk memberikan ruang kosong pada smartphone anda.

  1. Software Jadul

Pengembang software secara rutin meluncurkan update untuk aplikasi dan software yang mereka kembangkan, jika kamu menggunakan software yang belum terupdate maka akan berpengaruh ke smartphone anda.

Lakukan update aplikasi dari system operasi terbaru yang dikeluarkan oleh developing software

  1. Menggunakan anti virus lebih dari Satu

Aplikasi anti virus memang sangat penting guna melindungi smartphone kita, kebanyakan seringkali kita menginstal banyak anti virus guna memastikan anti virus kita aman. Tapi semakin banyak kita menginstal anti virus justru membuat smartphone kita menjadi lemot, karena anti virus smartphone dengan realtime protection akan menguras kinerja smartphone kita untuk memantau aktivitas yang kita lakukan.

Cara mengatasinya adalah memilih satu antivirus yang terbaik dan lakukan update berkala untuk perlindungan maksimal untuk smartphone kita.

Demikian beberapa penyebab dan langkah mengatasi smartphone yang lemot, semoga bermanfaat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *