Tips Memotret Makanan Dengan Kamera Smartphone

Tips Memotret Makanan Dengan Kamera Smartphone

Mengupload foto makanan sekarang masih menjadi trend di media social, mengabadikan setiap makanan yang kita beli dengan tekstur yang lebih menarik dan indah membuat kita mempunyai kepuasan tersendiri.

Untuk menghasilkan foto makanan yang bagus / maksimal menggunakan Smartphone, kita harus memperhatikan beberapa tips dan trik. Disamping menggunakan filter dan efek cahaya yang terdapat dalam fitur Smartphone kita harus memperhatikan beberapa hal.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengambil foto dengan Smartphone agar terlihat lebih menarik :

  1. Komposisi Objek

Letak objek sangat mempengaruhi hasil dari foto tersebut, walaupun teori ini gak wajib tapi komposisi merupakan modal dasar untuk membuat foto menjadi lebih cantik dan menarik

  1. Pencahayaan

Terkadang kita kesulitan untuk mengontrol intensitas cahaya yang ada, namun sebisa mungkin carilah lokasi yang terdapat pencahayaan yang pas. Cahaya natural juga akan bisa memberikan detail yang lebih banyak untuk ditangkap oleh lensa kamera.

  1. Framing / Angle yang tepat

Hampir tidak ada foto makanan yang kameranya lurus sejajar dengan piring / mangkok. Kamera itu bisa dibikin distorsi lho, misal ikan yang besar bisa terlihat kecil pada gambar. Cara mensiasatinya dengan cara ambil framing top view dan 45 derajat, bisa dikatakan foto diambil dari atas dengan kemiringan 45 derajat.

  1. Hindari fitur Flash

Kami tidak menyarankan anda menggunakan Flash Mode, karena ketika kita ambil gambar dengan mode ini bisa dikatakan hasil kurang berkualitas karena dapat melunturkan warna makanan dan mengacakaukan colour balance.

  1. Perhatikan latar belakang

Cobalah berkreasi dengan meletakan ingredients yang berhubungan dengan makanan itu sendiri sebagai latar, dan jangan lupa jaga kebersihannya

  1. Edit foto dengan aplikasi

Segala sesuatu hasil foto harus melalui tahap editing untuk mempercantik hasil foto, lakukan edit sesuai dengan porsi foto tersebut tanpa mengurangi keindahan foto tersebut, misal menambahkan efek shadow ataupun mempertajam kontras atau menguatkan warna.

Demikian beberap tips dan trik untuk mengambil foto menggunakan smartphone agar foto yang anda ambil menjadi lebih indah dan cantik.

Selamat mencoba.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *