Hati – hati, Bakteri Yang Sering Menginfeksi Manusia ini Bersarang Di Smartphone Kamu

Hati – hati, Bakteri Yang Sering Menginfeksi Manusia ini Bersarang Di Smartphone Kamu

Jogjatronik.com – Keberadaan bakteri dalam kehidupan memang tak bisa dihindarkan dalam aktivitas kita sehari – hari, tak dipungkiri lagi ternyata peralatan elektronik seperti smartphone dapat menjadi sarang ribuan bakteri. Terlepas dari hal tersebut ternyata bakteri-bakteri itu bisa menginfeksi manusia.

Menurut ilmuwan dari Universitas Oregon, Amerika Serikat (AS), asal usul bakteri yang terdapat pada smartphone berasal dari ujung jari pengguna smartphone tersebut. Menurut data menunjukan bahwa para pengguna smartphone terebut menyentuh perangkat mereka setidaknya 150 kali dalam sehari.

Menurut laman How Stuff Works, ada 4 jenis bakteri yang paling banyak ditemukan pada smartphone anda. Berikut ulasannya :

  1. Pseudomonas Aeruginosa

Bakteri ini yang paling sering terdapat pada smartphone anda, menurut riset peneliti Nigeria menemukan bakteri tersebut pada sampel 400 unit smartphone yang diuji. Bakteri jenis ini hanya membutuhkan sedikit nutrisi untuk bisa bertahan hidup diberbagai kondisi, dan yang yang paling ditakuti dari Pseudomonas Aeruginosa adalah bakteri ini memiliki kemampuan untuk menolak pengobatan jika terjadi suatu infeksi.

  1. Clostridium Difficile

Bakteri ini biasanya menyebabkan sering sakit diare, mual, sakit perut hingga kehilangan nafsu makan. Cara meminimalisir bakteri ini pada smartphone anda adalah dengan membersihkan smartphone anda dengan tissue yang dibasahi dengan cairan disinfektan.

  1. Yeast

Bakteri jamur ini bisa hidup dihampir seluruh tubuh manusia, dan biasanya menyebabkan infeksi penyakit kulit. Cara mengurangi resiko penularannya sama dengan Clostridium Difficile, dengan cara menggunakan tissue yang dibasahi dengan cairan disinfektan.

  1. Corynebacterium

Bakteri ini adalah salah satu bakteri yang mematikan yang sering dijumpai pada smartphone, karena dapat menyebabkan penyakit difteri. Berawal dari pilek hingga demam, dalam kondisi terburuk penderita diftery bisa mengalami serangan jantung. Namun jenis bakteri yang ditemukan oleh peneliti dari Amerika Serikat (AS) pada 2014 tersebut diklaim tidak memiliki varietas beracun.

Berikut beberapa ulasan terkait bakteri yang sering bersarang di Smartphone anda, semoga dapat menabah sedikit pengetahuan kita terkait kesterilan smartphone kita dan meminimalisir terkena bakteri tersebut.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *