Hati-hati, inilah 5 Dampak Buruk Suhu Ekstrem pada Smartphone

Hati-hati, inilah 5 Dampak Buruk Suhu Ekstrem pada Smartphone

Jogjatronik.com – Beberapa waktu ini, suhu ekstrem terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Tahukah kamu? Bahwa perubahan suhu yang mendadak dan sangat ekstrim bisa saja merusak smartphone kesayanganmu. Dan inilah (Lima) 5 Dampak Buruk Suhu Ekstrem pada Smartphone!

  1. Kinerja Baterai bakalan Menurun

    Menurut pakar di uSwitch, kinerja baterai smartphone akan cepat menurun akibat terjadinya reaksi kimia pada baterai. Kinerja baterai juga akan lebih lambat, hal ini terjadi karena nilai hambatan pada baterai membesar. Sesuai ilmu Dasar Fisika, semakin besar hambatan, jumlah energi yang dikeluarkan akan semakin mengecil.

    Alhasil, indikator daya baterai tiba-tiba bisa menurun drastis. Bahkan saat suhu mendekati 0 derajat Celcius, daya baterai yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Terkadang kebutuhan pemakaian daya baterai bisa 2 kali lipat.

  2. Masalah pada Layar Smartphone

    Kalo kamu pengguna ponsel pintar Samsung atau merk lain yang menggunakan teknologi layar AMOLED. Selamat..!! Layar Touchscreen Hape-mu terbukti lebih tangguh menghadapi suhu ekstrim ini. Kamu gak akan menemui lambatnya reaksi touchscreen saat digunakan. Hal ini bisa terjadi karena teknologi dari layar AMOLED memang memiliki ketahanan yang lebih tinggi pada suhu dingin.

    Bahkan di beberapa kasus, bekunya layar akan memperbesar kemungkinan pecah, saat hape pintarmu terjatuh. Idiiihhh…. 

    Pengen cari Smarpthone Layar Amoled agar bisa Selfie di tempat-tempat bersuhu dingin? Cek saja Samsung Galaxy A8+ dan Samsung GAlaxy A6+

  3. Komponen Internal mudah Rusak

    Bahaya, suhu dingin ekstrem ini bahkan bisa mempermudah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen internal di smartphone kebanggaanmu. Salah satu ciri-cirinya adalah kesulitan membaca kartu SIM. Tapi untungnya masih ada KTP kan..? eeehh

  4. Kondensasi

    Tentunya kamu sadar biasanya jam tangan akan mengalami pengembunan di kondisi suhu yang dingin. Hal yang serupa juga bisa terjadi pada smartphone. Jika hal ini terjadi, dampaknya akan cukup parah,  terlebih dampaknya pada teknologi liquid di layar LCD.

    Kerusakan ini bahkan akan membuat layar Hape menjadi sangat sulit menampilkan konten, kamu jadi lebih sulit membaca berita, cerpen, dll di layar hapemu.

  5. Kerusakan Permanen

    Setelah beberapa gangguan awal muncul, seperti daya tahan baterai, responsitifitas layar, dan kinerja komponen internal yang berkurang. Suhu dingin nan ekstrim yang berlangsung lama, bisa membuat kerusakan permanen.

    Nah, gimana pendapatmu guy’s?

    Pernah nggak kamu mengalami hal-hal berbahaya ini? Share cerita kamu ya..?

    Credits:
    1. Foto dari Shutterstock.com dan Pexels.com

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *