Review OPPO A3S versi RAM 2gb dan ROM 16gb

Review OPPO A3S versi RAM 2gb dan ROM 16gb

Jogjatronik.com – OPPO A3S sudah menjadi topik hangat di meja redaksi kami, semenjak gosip tentang ponsel pintar dengan warna dasar merah atau ungu ini muncul ke publik. Bagi kami, desain ponsel pintar ini memang sesuai dalam jangkauan radar kaum milenial. Anda belum punya smartphone? Atau ingin mengganti smartphone lama yang sudah mulai lemot? Sebelum melakukan pembelian, simak dahulu Review OPPO A3s dari kami.

Desain

Seperti yang terlihat, OPPO A3S benar-benar memiliki citarasa desain dari OPPO F7. Bingkainya terbuat dari plastik dengan finishing glossy, dan pilihan warna merah-nya benar-benar memberikannya tampilan premium.

Awalnya, kami sempat berpikir bahwa body ini terbuat dari kaca, tetapi setelah mengetuknya, beberapa kali, kami yakin bahwa bahannya terbuat dari plastik (atau mungkin polycarbonat?). Sayang body ponsel pintar ini rentan terhadap bekas sidik jari dan noda, untungnya bonus jelly case gratis dalam paket penjualan sangatlah membantu.

Meskipun masuk dalam jajaran entry-level, namun OPPO A3S sudah memiliki ukuran layar 6,2 inci dengan aspek rasio 19: 9. Sebuah indikator yang sangat baik, dalam penilaian pengalaman menonton video atau bermain game.

Panel depannya terlihat keren, memiliki bezel minimal di bagian atas dan sisi. Poni di bagian atas digunakan untuk meletakkan kamera depan 8MP, speaker panggilan, dan sensor.

Sayang OPPO masih belum juga menyertakan lampu notifikasi LED yang sebenarnya sangatlah berguna walau[pun hanya berperan sebagai penerima notifikasi dan kondisi baterai saat proses charging.

Pada sisi sebelah kanan terdapat power tunggal sementara di sebelah kiri terdapat tombol volume rocker dan tempat penampungan triple SIM (dual-nano SIM dan slot kartu microSD khusus yang dapat diupgrade hingga 256GB). Tombol-tombolnya mudah ditekan dan terkesan taktil, dimana hal ini tentulah sangat bagus.

Layaknya ponsel premium, kombinasi colokan port audio 3,5 mm, mikrofon, port USB mikro, dan loudspeaker ditempatkan di bagian bawah ponsel.

Kembali ke bagian belakang, Anda akan menemukan kamera ganda 13MP dan 2MP yang dilengkapi dengan lampu kilat LED di samping dan logo OPPO. Sayangnya, seperti OPPO A83, anda tidak akan menemukan pemindai sidik jari.

Dalam genggaman tangan, ternyata A3s lumayan berbobot ringan, dan dengan daya baterai sebesar 4.230mAh ponsel pintar ini tetap tampil ramping. Tidak ada masalah bearti saat meletakkan ponsel disaku dan mengambilnya kembali.

Tampilan dan Multimedia

OPPO A3s dilengkapi dengan layar IPS dengan resolusi HD + (1520 x 720) yang menghasilkan tampilan dinamis dan warna akurat. Cukup terang untuk digunakan di bawah sinar matahari langsung. Gadget ini, tanpa diragukan lagi, merupakan ponsel cerdas yang memenuhi kebutuhan pengalaman visual.

Kami menguji kualitas audio dengan memutar video musik sambil memaksimalkan volume. Audio cukup keras untuk didengar di ruangan tertutup dan bisa memunculkan nada tinggi dan rendah dengan cukup baik. Tak perlu memaksimalkan volume, sayangi saja daya tahan speakernya.

Kamera

Inilah sesi yang paling menarik, Kamera ganda A3s dengan resolusi 13MP + 2MP dilengkapi dengan UI yang cukup mudah, semua fitur dapat dilihat saat membukanya. Seperti Flash, HDR, Timer, dan mode Layar Penuh. Ada lima mode kamera yaitu, Time-Lapse, Video, Photo, Portrait, dan Panorama.

Foto yang dihasilkan memiliki detail dan akurasi warna yang baik, tentunya dalam pencahayaan yang layak, namun dalam kondisi rendah cahaya, Noisepun akan bermunculan sama seperti kamera handphone lainnya. Objek yang bergerak walopun sedikit tentunya akan tampil sedikit ‘kabur’

Adapun fitur-fitur pada kamera depan, hampir identik kecuali tidak adanya efek bokeh buatan. Mode potret dan zoom 2x juga tidak ditemukan.

Hasilnya pun mirip dengan hasil kamera belakang, hanya saja dalam kondisi kurang cahaya, kamera depan tidak sebagus kamera bagian belakang, meski begitu foto yang dihasilkan tetaplah layak digunakan dalam posting media sosial.

Video dapat direkam hingga resolusi 1080p 30fps baik menggunakan kamera belakang maupun kamera depan. Sayangnya tidak ada fitur untuk stabilisasi sehingga video seringkali goyah dengan sedikit gerakan.

OS, UI, dan Aplikasi

OPPO A3s menggunakan ColorOS 5.1 berdasarkan Android 8.1 Oreo. UI yang sederhana, terorganisir, dan lugas. Menggeser layar dari atas ke bawah akan menampilkan menu pintasan. Perangkat ini ternyata juga memiliki fitur Modus Malam yang memungkinkan untuk pemfilteran cahaya biru untuk kesehatan mata.

Membuka pengaturan akan menampilkan Notification & Status Bar di mana pengguna dapat menyesuaikan apa yang ingin mereka tampilkan di status dan bilah pemberitahuan.

Selain itu, ada beberapa fitur seperti Smart & Convenient di mana tombol navigasi dapat disesuaikan dan fitur Keamanan di mana pengguna dapat menggunakan Fitur

  • Temukan Perangkat Saya,
  • Perlindungan Pembayaran,
  • Anti-Pelecehan / Penipuan,
  • Pencekalan Stasiun Pseudo Base.

Keren…!!

Sayangnya pada versi RAM 2GB ROM 16GB ini, penyimpanan internal yang tersisa untuk digunakan hanyalah 8,52 GB kamu-kamu yang senang mengunduh aplikasi boros memory tentunya akan membutuhkan memory eksternal berdaya simpan tinggi

Performa dan Benchmark

OPPO A3s didukung oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 dengan GPU Adreno 506. Untuk kegiatan biasa seperti browsing, menonton video, pesan, dan posting media sosial, perangkat mampu bekerja dengan lancar. Hambatan dari smartphone ini hanya terletak pada kapasitas RAM-nya yang 2GB, kamu hanya akan menemukan sisa sebesar ~ 800MB untuk digunakan secara multi-tasking dan game. Dan sayangnya RAM sebesar ini tentunya masih kurang. Untungnya kamu bisa menemukan versi RAM 3gb disini.

Tanpa pemindai sidik jari membuat kamu perlu mengaktifkan fitur membuka kunci wajah yang layak untuk dipamerkan. Fitur ini bahkan bekerja cukup responsif meskipun dalam kondisi rendah cahaya.

Hasil Benchmark OPPO A3s

  • AnTuTu : 74,409 (mantaf…)
  • PC Mark : 6,045 (Work 1.0)
  • Geekbench : 774 (Single-core) dan 3,448 (Multi-core)
  • 3D Mark : 443 (Sling Shot Extreme – OpenGL ES 3.1) dan 392 (Sling Shot Extreme – Vulkan)
  • AndroBench : 294.5 MB/s (Sequential Read) dan 47.87 MB/s (Sequential Write)

Anda tertarik membelinya? Silahkan pilih

 

Share this post

Comment (1)

  • Pedri haris sandi Reply

    Tidak sesuai dngn rom 16 GB..kalo hanya …bisa terpkai cuma 8 GB.sama aja .Ram 1 GB .mengecewakan
    Saya mengunakan HP oppo a3s memang pasilitas perangkat lunak nya mendukung tetapi memory nya yng Sangat tidak mendukung

    April 16, 2019 at 8:12 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *