Review Lengkap Realme C1 : Termurah dan Tercanggih

Review Lengkap Realme C1 : Termurah dan Tercanggih

Jogjatronik.com – Gebrakan dari Realme, memang telah membuat pasar smartphone di Indonesia sedikt terguncang. Bagaimana tidak hanya dengan harga 1jutaan, bahkan termurah saat ini. Kamu bisa dapetin Smartphone Android layar 6,1 inch dengan dual kamera. Bahkan dengan spesifikasi yang bikin air liur mengalir deras. Kuy.. simak Review Lengkap Realme C1.

Pada dasarnya, Realme C1 diperuntukkan kepada para pengguna smartphone pemula, atau yang baru pertamakali memakai smartphone. Tapi selain harga murah, juga membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Memiliki value yang tinggi, Spek diatas harga!

Realme C1 benar-benar menaikkan kasta Entry Level

Desain

Ponsel pintar Realme C1 sudah memiliki dahi/Notch yang cukup lebar, laiknya smartphone kekinian. Desainnya memiliki kesan premium, meskipun bahabaku body bukanlah logam. Tapi body-nya sudah diberi 12 lapisan laminasi nanoscale. Masih belum cukup? Curve 2.5D back plate semakin menambah kesan premium, bahkan bodynya diklaim lebih kuat dan lebih tahan terhadap goresan.

Fitur Electroplated pada cover depan, menambah kenyamanan penggunaan. Berkat kemampuannya menahan panas.

Pada bagian belakang terdapat dua kamera, tepatnya di bagian atas, ditambah modul LED Flash dan logo Realme di bagian bawah. Fiuhh.. pengen motret dengan efek bokeh? Bisa…!!

Sayangnya Realme C1 hanya memiliki dua pilihan warna, yaitu Mirror Black & Navy Blue.

Konektivitas

Realme C1 memiliki tiga slot kartu, yaitu dua slot nano SIM dan 1 slot MicroSD. Untuk chraging dan pertukaran data, kamu bisa menemukan port Micro-USB pada bagian bawah body, yang ditemani dengan lubang speaker serta soket headphone 3,5mm. Sssttt… Tahukah jeter’s? Bagi beberapa kalangan letak lubang 3,5mm yang berada dibawah body menunjukkan kelas ponsel yang berada di kelas atas lho.

Dominasi Tenaga Baterai

Kapasitas baterai yang digunakan sebesar 4230 mAH, cukup mumpuni untuk digunakan harian. Kamu akan merasa lebih leluasa saat bepergian, tidak perlu repot membawa charger. Aktivitas multi-tasking, serta bermain game, mengambil foto atau bahkan memutar video berjam-jam tanpa perlu takut baterai cepat habis.

Klaim penguian yang kami dapatkan, Realme C1 mampu melakukan panggilan telepon nonstop s/d 44 jam, waduh bayangin ajah dengerin celotehan mantan selama itu, hiiiiii…….

Untuk dengerin musik/murotal bisa kamu nikmati s/d 18 jam, dan menonton video juga bisa kamu lakukan s/d 15 jam. Bagaimana dengan nge-Game, wuiss… kamu ternyata bisa maen game sebetah mungkin s/d 10 jam. Tapi ingat, semua aktifitas itu dilakukan lewat sambungan koneksi internet via wifi ya. Beda lhoi jika koneksi internetnya lewat 4G.

Meskipun Realme C1 belum menggunakan teknologi fast charging/VOOC, tapi sejauh ini pengisian baterai pada Realme C1 termasuk cepat. Bahkan dalam pengujian, adapter bertenaga sebesar 10W mampu mengisi penuh Realme C1 dalam waktu 2,5-3 jam saja.

Kalo itu juga masih terasa kurang, Realme C1 sudah menanamkan fitur AI Power Manager, yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan konsumsi daya dari aplikasi demi menghindari sejumlah daya baterai yang terbuang percuma.

Layar Buesarrr….

Realme C1 menggunakan teknologi layar kekinian, memiliki dahi/notch pada layar 6.2 inci. Rasio yang dimiliki adalah 19:9 atau mengambil 88.8% dari body. Resolusi layarnya yang digunakan adalah HD+ atau 720 x 1520 pixel. Cukup menyenangkan! Cocok untuk gaming dan baca pdf.

Bezelnyapun, cukup tipis, ukurannya hanya 2.05mm. Layar lebar tanpa pelindung rasanya kog aneh, makanya Realme C1 menyematkan pelindung layar Corning Gorilla Glass, kamu gak perlu khawatir terhadap gesekan ringan antara layar dengan kunci motor. Eh? Kamu memang punyanya kunci motor kan? Bukan kunci mobil, toss!!!

Fingerprint Absen

Tidak adanya sensor sidik jari, kami anggap wajar. Toh Realme C1 juga sudah mempunyaiteknologi Face Unlock yang berfungsi dengan baik dalam kondisi cukup cahaya. SStt.. Face Unlock ini bukan bearti wajahm ditempelkan ke layar smartphone ya. Wajah kerenmu bukan sidik jari 😀

Processor berTenaga Kuda

Snapdragon 450 adalah processor paling populer. Performanya sendiri cukuplah mumpuni, mampu melibas berbagai kebutuhan. Chipset Octa-Core 1.8 GHz tentunya didampingi dengan olah grafis mumpuni dari GPU Adreno 506. Kinerja grafisnya hanya membutuhkan konsumsi daya yang minim.

Hasilnya ajaib, benchmark AnTuTu mencatat score s/d 56.000, lumayan. Sangat mendekati milik Snadragon 625.

RAM dan ROM?

Standart sih, Standart sebuah ponsel pintar Entry Level. RAM 2GB dan ROM 16GB. Kami akui untuk kondisi sekarang ROM 16GB memanglah mepet, Apalagi untuk kondisi awal memory internal yang tersisa hanya berkisar antara 8GB. Rasanya akan terlampau cepat penuh. Apalagi jika kamu adalah pengguna akut WhatsApp dan Social Media.

Untungnya microSD yang disisipkan bisa meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan s/d 256GB.

Android Terbaru

Smartphone Realme C1 sudah dibekali sistem operasi ColourOS 5.2, yang berbasis pada Android 8.1 Oreo. OS-nya sama dengan yang digunakan OPPO ya? Tentu saja karena RealMe adalah anak OPPO.

Fitur-fitur penting yang perlu kamu ketahui adalah :

  • Do-Not-Disturb (penting saat kamu lebih mementingkan bermain game),
  • auto-brightness,
  • blacklist nomor kontak, (mari kita tendang petugas MLM dan Undian Berhadiah)
  • pop-up notifikasi (saat muncul aksi di WhatsApp atau Facebook Messenger

Dual Kamera

Ini dia. Salah satu keunggulan dari Realme C1. C1 memiliki dua kamera dengan kemampuan 13mp dan 2mp. Resolusi 2mp lebih diperuntukkan untuk menghasilkan efek foto bokeh dalam mode pemotretan portrait.

Selama obyek mendapatkan cukup cahaya, Kamera Realme C1 mampu memberikan detil dari obyek. Fitur penting pada kamera cukup standar ya, yaitu mode Auto HDR, Panorama, dan Time-Lapse.

Tapi masih ada fitur sticker lho, agar kamu tidak ketinggalan dengan teman-temanmu. Bahkan bisa kamu gunakan melewati hari dengan membuat animasi lucu dari wajah kerenmu.

Kamera Selfi memiliki sensor 5MP, yeah masih standart. Yang penting masih bisa menangkap tone warna dengan baik. Tapi ingat, foto adalah seni menangkap cahaya, tanpa cahaya yang baik hasil foto biasanya suram dan penuh noise.

Untuk hasil perekaman video, meskipun mampu mencapai resolusi tertingginya yaitu 1080p. Menurut kami, hasilnya belum tajam, dan kamu bakalan butuh tripod, karena belum adanya fitur stabilisasi pada perekaman video.

Kesimpulan

Pada kategori Entry Level, Realme C1 kami anggap termasuk menjadi yang terbaik. Bagaimana tiudak hampir seluruh fitur pada kamera dengan harga diatas 2jt dimilikinya. Berminat? Klik disini ya mblo..

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *