4 Tips Menjaga Kebersihan Smartphone

4 Tips Menjaga Kebersihan Smartphone

Jogjatronik.com, Smartphone adalah barang yang paling sering dibawa dan dipegang, sehingga smartphone bisa menjadi barang yang sangat mudah kotor dan mungkin saja menjadi rumah bagi bakteri-bakteri jahat. Demi kesehatan smartphone dan penggunanya berikut kami sajikan
4 Tips Menjaga Kebersihan Smartphone

  1. Membersihkan Layar Smartphone

Layar smartphone adalah bagian yang paling banyak kita sentuh, Layar smartphone menjadi kotor karena disebabkan oleh sidik jari, dan minyak pada pipi yang menempel saat menelepon.

Cara terbaik dalam membersihkan layar, adalah dengan menggunakan kain microfiber bertekstur lembut. Basahi saja kain itu dengan sedikit air, lalu tekan dan usapkan secara melingkar pada layar.

  1. Membersihkan Bodi dan Casing Smartphone

Bodi smartphone tentu akan mudah kotor seiring penggunaan dan kecerobohan kita dalam menaruh barang, bahkan tak jarang noda tinta spidol/pulpen sering dijumpai melekat pada bodi smartphone.

Gunakanlah minyak kayu putih atau hand sanitizer, tekan dan usapkan secara memutar, ulangi langkah ini sampai noda menghilang. Setelah itu, gunakan kain microfiber yang telah dibasahi air untuk menghilangkan sisa minyak kayu putih atau hand sanitizer. Jika perlu gunakan Cotton Buds untuk menjangkau sudut-sudut sulit pada casing.

  1. Membersihkan Seluruh Port/Lubang Smartphone

Lubang audio, charging, microphone dan speaker umumnya ditempeli debu-debu halus. Tapi untuk membersihkan bagian ini dibutuhkan kehati-hatian yang lebih agar jangan merusak port-port tersebut. Gunakan cotton buds kering untuk membersihkan debu pada port lubang smartphone. Berhati-hatilah saat menggunakan cairan air/alkohol basahi setipis mungkin, agar jangan ada rembesan cairan yang masuk ke dalam lubang port

  1. Earphone dan Headset

Musik sudah menjadi bagian hidup yang tak terpisahkan, earphone/headset tentu menjadi perangkat yang pasti dimiliki oleh pengguna smartphone, debu dan kotoran yang menumpuk bisa saja sangat beresiko mengingat earphone kita masukkan ke dalam lubang telinga. Bersihkanlah earphone/headset lubang menggunakan cotton buds atau kapas, janga ragu mengganti earbuds jika sudah ‘buluk’ alias tidak terselamatkan dari kotor.

Selamat mencoba!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *