Hal yang kamu hindari saat charge Ponsel

Hal yang kamu hindari saat charge Ponsel

Jogjatronik.com – Baterai merupakan bagian terpenting karena merupakan sumber daya untuk menghidupkan ponsel tersebut, namun kita sebagai pengguna sering mengabaikan terkait hal-hal yang sebaiknya tidak kita lakukan saat mencharge ponsel terebut sehingga karena kelalaian kita baterai ponsel kita sering rusak

Berikut ini kami rangkumkan beberapa tips atau hal yang sebaiknya kamu hindari saat men-charge ponsel agar baterai kamu awet.

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya kamu hindari saat proses charge berlangsung :

  1. Jangan Charge ponsel semalaman

Kadang kita masih sering men-charge ponsel kita semalaman sambil tidur, hal tersebut membuat kita tidak usah menunggu karena saat pagi hari pasti kondisi baterai ponsel sudah penuh, tapi ingat hal tersebut bisa menyebabkan ponsel kamu menjadi panas kemungkinan baterai melembung dan hal terparah adalah bisa meledak.

  1. Jangan Charge diatas Kasur yang empuk atau permukaan yang empuk

Hal ini berdampak buruk karena panas yang dihasilkan ketika sedang mengisi daya akan semakin bertambah dan ini akan berdampak buruk, sebaiknya taruhlah ponsel kamu dipermukaan yang keras seperti meja atau lantai

  1. Jangan gunakan charge bajakan atau yang tidak sesuai spesifikasi ponsel

Menggunakan charger bajakan tidak menjamin ponsel kamu akan aman, selain kualitas belum terjamin output yang dihasilkan juga tidak sesuai dengan apa yang tertulis di charger bajakan tersebut.

  1. Biasakan charge ponsel kamu sebelum kondisi baterai 0%

Jika kamu menggunakan baterai hingga 0%, maka kemungkinan akan membuat performa ponsel kamu menurun, karena pada sebuah tes didapatkan bahwa rata-rata charge cycle sebuah baterai sekitar 1000 hingga 2500 dalam setiap kali charge maksimal baterai tersisa 25%. Tetapi ketikan sisa baterai 0% maka charge cycle hanya sekitar 300-500 saja.  Alangkah lebih baik jika kondisi sudah 15% langsung kamu charge.

  1. Jangan gunakan ponsel saat di-charge

Kadang kita sering melakukan hal ini, bermain game, chatingan atau mendengarkan music saat ponsel di charge. Sebisa mungkin hindari hal ini karena akan meningkatkan suhu dan merusak sel baterai kamu, pastinya jika hal ini sering terjadi maka baterai ponselmu tidak akan bertahan lama.

Berikut 5 hal yang sebaiknya kamu hindari karena bisa membuat baterai ponsel kamu rusak, mungkin dengan melakukan hal diatas bisa membuat baterai ponsel kamu lebih awet. Karena jika batarai rusak maka tentunya tidak nyaman bukan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *