66ribu iPhone dihancurkan, kenapa?

66ribu iPhone dihancurkan

66ribu iPhone dihancurkan, kenapa?

Jogjatronik.com – di negeri pama Sam, ada semacam budaya, demi menjaga agar tidak terlampau banyak sampah elektronik. Maka produk-produk elektronik yang sudah tidak terpakai akan didonasikan agar bisa digunakan oleh para pengguna lainnya. Sayangnya hal ini tidak berjalan baik pada 66ribu iPhone bekas di Colorado, Amerika Serikat.

Menurut laporan dari CoPIRG Foundation, terdapat kurang lebih 66ribu iPhone bekas yang seharusnya didonasikan ke orang lain terpaksa dihancurkan. (data dilansir dari situs Motherboard)

Menurut The Wireless Alliance, yang merupakan fasilitas daur ulang produk elektronik di Lafayette, Colorado, Amerika Serikat. Sejak tahun 2015, tercatat lebih dari 66.000 iPhone bekas layak pakai yang terpaksa dihancurkan. Alasannya bukan lain karena puluhan ribu iPhone tersebut masih terkunci. Sehingga tidak bisa digunakan lagi. Iphone memang memiliki fitur anti-pencurian yang dikenal dengan nama iCloud Activation Lock.

66.000 iPhone itu sebenarnya masih sangat layak untuk dipakai. Sayang, hanya karena iCloud Activation Lock atau akun iCloud dari pengguna sebelumnya lupa/belum dimatikan sesaat sebelum iPhone didonasikan.

iPhone yang terkumpul di The Wireless Alliance biasanya berasal dari berbagai kegiatan donasi baik di sekolah, perumahan, maupun di gereja.

Tidak dipungkiri, kemungkinan besar beberapa donator memang sudah lupa dengan akun iCloud mereka. Diantaranya karena puluhan ribu iPhone tersebut sudah tersimpan beberapa tahun di lemari para pemilik lama. Hmm.. sayang banget ya…? Padahal kalo di Negara kita, sparepart-nya masih siap untuk digunakan 😀

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *