Mengenal Peristiwa Isra’ Miraj’

Mengenal Peristiwa Isra’ Miraj’

Jogjatronik.com – Isra Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam dari Masjid al-Haram di Makkah ke Masjid al-Aqsha di Yerusalem. Kemudian, Rasulullah melanjutkan perjalanannya menuju sidratul muntaha untuk menerima wahyu dari Allah SWT. Peristiwa ini terjadi pada tahun 621 M, dua tahun setelah wafatnya Siti Khadijah, istri Rasulullah.

Secara umum, kisah Perjalanan Isra’ dan Mi’raj telah terekam dalam Al Qur’an:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.” (QS. Al-Isra : 1)

Tiga hal penting yang terkait dengan Isra’ Miraj’ adalah :

Buraq

Adalah seekor hewan berwarna putih seperti kuda dan keledai yang memiliki sayap di sisi tempat dia menggerakkan kaki. Geraknya cepat sekali. Langkahnya sejauh mata memandang. Buraq inilah yang dikendarai oleh Rasulullah bersama Jibril dalam perjalanan Isra Miraj.

Masjid al-Aqsha

Bersama Jibril, Rasulullah melakukan perjalanan ke utara Yasrib dan Khaybar hingga ke Yerusalem tepatnya Masjid al-Aqsha. Kemudian, beliau bertemu para nabi pendahulunya, yaitu Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan nabi-nabi lainnya. Ketika shalat di Baitul Maqdis, seluruh nabi menjadi makmum Rasulullah.

Sidratul Muntaha

Sidratul muntaha berakar pada singgasana (Arsy) yang menandakan puncak pengetahuan setiap orang yang berpengetahuan baik, termasuk di dalamnya malaikat dan rasul. Segala sesuatu di atasnya adalah misteri yang tersembunyi, tidak diketahui oleh siapa pun kecuali Allah semata. Di sidratul muntaha, inilah Rasulullah menerima perintah shalat 5 waktu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *