Review Singkat Samsung Galaxy M10, Murah dan Mantul

Review Singkat Samsung Galaxy M10, Murah dan Mantul

Jogjatronik.com – Di awal tahun ini banyak kejutan dihadirkan oleh Samsung, diantaranya isu panas soal hilangnya seri J dan berganti dengan seri M. Kemudian ketika seri M itu hadir Samsung sekaligus menjawab tantangan dan tren kekinian seputar teknologi pad aLayar, apa itu?

Samsung sendiri telah menggulirkan Samsung seri M20 dan M10 di Indonesia. Kedua smartphone ini dihadirkan untuk segmen pasar yang berbeda. Kali ini, buat kamu-kamu para jeter’s kami dari Jogjatronik mencoba mengulas secara singkat Samsung Galaxy M10 yang diperuntukan untuk kita-kita para RakJel 😉 yang berada di kelas menengah ke bawah dengan banderol harga Rp 1,699,000 (ingat ya.. harga bisa jadi berubah terkait dengan ketersediaan barnag dan kesiapan pasar). Untuk pastinya kamu bisa japri alias DM ke beberapa tenant kami (cek Instagram jogjatronik)

Desain Unibody yang Kekinian

Mirip dengan kakaknya yang terlebih dahulu hadir, yaitu Samsung Galaxy M20. Galaxy M10 juga menggunakan teknologi Inifinity-V yaitu sebutan khas samsung untuk teknologi layar penuh dengan bezel tipis dan memiliki poni/notch berbentuk huruf V. hm.. ada kaitan dengan Victory-kah? Bisa jadi…

Pada bagian belakang smartphone, kamu bisa menemukan kamera dengan lensa ganda/dua kamera vertikal yang terletak di sudut kiri atas. Dilengkapi dengan lampu flash yang berada di bawahnya. Pada bagian paling bawah kamu juga bisa menemukan speaker yang akan menemanimu saat galau ;).

Dibagian sebelah kiri body, terdapat slot untuk memasukkan dua kartu sim dan satu kartu MicroSD. Ingat ya, ketiganya dapat ditampung sekaligus, tidak ada tuh yang namanya Hybrid-hybrid-an. Pada bagian kanan terdapat tombol ROPKR alias tombol volume dan di bawahnya terdapat tombol power.

Kemudian dibagian bawah terdapat colokan earphone 3,5mm beserta port microUSB.

Jika diperhatikan secara keseluruhan, Smartphone kelas entry level dengan harga murah ini, rasa-rasanya mampu menjawab tantangan dari berbagai vendor smartphone lainnya. Apalagi dengan desain layar penuh yang dilengkapi notch seperti tetesan air.

Sayang, Galaxy M10 tidak memiliki fitur pemindai sidik jari seperti yang dimiliki kakaknya si M20.

Layar HD+

Layar smartphone ini cukup lebar yaitu 6,2 inchi dengan rasio 19:9. Resolusi layarnya masih 720p alias HD+. Tapi meski ukuran layar besar, body masih terasa nyaman dalam genggaman berkat casing berbahan plastik polycarbonat yang tidak licin. Teknologi layar yang digunakan adalah berjenis PLS (Panel to Line Switching) setara dengan IPS (In Panel Switching). Sayang juga sih, belum sAMOLED

Untungnya view angle tampil cukup apik, bahkan layar ini sudah mendapatkan sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD yang nyaman. Benar sih, layar menjadi tidak terlalu istimewa tapi untuk kamu yang hobby live streaming serta main game, Layar ini teta direkomendasikan kog, lapang dan kemampuan akurasi warna yang lumayan solid.

Daya Tahan dan Performa

Galaxy M10 menggunakan Exynos 7870 yang setara dengan Snapdragon 625. Chipset dengan prosesor octa-core buatan Samsung. Pada edisi perdana ini dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB serta penyimpanan internal 16GB. Masih terasa kurang? Jangan khawatir kamu masih bisa memperluas daya simpan sampai dengan 512GB.

Bagaimana dengan daya tahan baterai? M10 memiliki tagline “SobatAntiLowbat”, dan meskipun bodi smartphone ini tipis dan tidak berat. Ternyata Galaxy M10 memiliki baterai dengan kapasitas 3.400mAh yang mampu digunakan seharian, sayangnya pengisian daya baterai membutuhkan waktu yang relatif lama, jika koneksi internet smarpthone aktif, kamu bakalan butuh waktu sekitar 4-5 jam untuk pengisian penuh.

Kamera, sederhana tapi Mumpuni

Meskipun masuk kedalam kasta entry Level, tapi hasil kamera Galaxy M10 tetap tampil prima. Terlebih dengan adanya Kamera Ganda dengan resolusi 13MP dan 5MP (lensa ultra-wide). Adanya lensa Ultra Wide ini, bikin kamu mampu memotret dengan bidang yang lebih luas, cocok untuk ruangan sempit.

Sudah layaknya seni fotografi atau seni menagkap cahaya, maka pengambilan foto dalam kondisi cahaya yang terang baik di dalam atau luar ruangan. M10 mampu menghasilkan gambar yang lumayan tajam serta menampilkan kekayaan warna yang lumayan sama dengan warna objek aslinya.

Dan untungnya Samsung gak pelit, sudah terdapat berbagai fitur keren seperti beauty hingga stiker-stiker lucu yang bisa digunakan untuk eksis di Instagram.

Berbagai mode pemotretan yang keren pun, bisa kamu gunakan seperti Panorama, Pro, Beauty,Live Focus, Auto, Stickers dan Continous Shot.

GAMING?

Galaxy M10 tidak cocok untuk memainkan game-game berat, lebih cocok untuk bermain game-game dengan kebutuhan grafis yang tidak terlalu tinggi. Hal ini tentunya disebabkan oleh kemampuan GPU-nya. Maklum, Samsung M10 hanya memilliki GPU single-core Mali-T830.

Secara keseluruhan Galaxy M10 memang layak berada disakumu.

Kesimpulan

Dengan harga sekitar Rp 1,7 juta, M10 memang mantul. Sangat memenuhi selera pasar di rentang menengah ke bawah. Murah tapi dengan desain kekinian yang keren serta spesifikasi unggul.

Kami rasa, kelebihan menonjol pada M10 justru terletak pada kemampuan baterainya, yang mampu menembus dua hari pemakaian normal. Dan tentunya juga kelebihan dari sektor layar yang mampu memanjakan mata dengan visual lebih mewah.

Berminat? Cek harga-harganya di instagram kami (cek Instagram jogjatronik)

 

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *