Serem, Keamanan Internet Explorer Masih Rawan. Pengguna Rawan Kena Hack, hati-hati!

Serem, Keamanan Internet Explorer Masih Rawan. Pengguna Rawan Kena Hack, hati-hati!

Jogjatronik.com – Internet Browser buatan Microsoft ternyata masih juga punya celah keamanan. John Page, seorang peneliti keamanan, baru saja menunjukkan adanya celah keamanan terbaru dari peramban bawaan Microsoft itu. Menurut informasi dari slashgear dan engadget, celah keamanan baru ini memanfaatkan MHT File, yaitu jenis format yang digunakan oleh Internet Explorer saat pengguna menyimpan sebuah halaman website/situs.

Melalui celah keamanan inilah, hacker/peretas bisa memata-matai para pengguna Windows. Bahkan menurut isu yang beredar, peretas juga mampu mencuri data yang tersimpan di komputer. Nah serem kan?

Celah keamanan ini mempengaruhi berbagai sistem operasi Windows yaitu Windows 7, Windows 10, dan Windows Server 2012 R2. Sayangnya Microsoft belum juga merilis update/pembaruan untuk menambal celah keamanan tersebut.

Untuk itu, pengguna sebaiknya menonaktifkan Internet Explorer untuk membuka MHT File.

Microsoft terkesan malas menambal celah ini, mungkin karena mereka sednag berkonsentrasi pada peramban internet terbarunya, yaitu EDGE. Beberapa waktu lalu, Microsoft memang telah meminta kepada para penggunanya untuk berhenti memakai Internet Explorer. Karena Microsoft telah membuat peramban baru yaitu Microsoft Edge, bersamaan dengan peluncuran Windows 10.

Meskipun begitu, masih banyak pengguna Microsoft yang tetap menggunakan internet browser ini di Windows. Mungkin diantaranya masih banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang menggunakan aplikasi web lama, yang hanya bisa dibuka secara sempurna menggunakan Internet Explorer.

Padahal menurut Chris Jackson, seorang pakar Cybersecurity Microsoft, Internet Explorer memang layak untuk dimatikan dan berhentilah menggunakan internet browser web lama itu. Masih banyak pilihan internet browser yang lebih canggih dan aman bahkan sesuai dengan perkembangan teknologi web saat ini.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *