Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Bahaya Gunakan VPN Gratis

Bahaya Menggunakan VPN Gratis

Jogjatronik.com – VPN (Virtual Private Network) adalah jembatan koneksi antar jaringan yang sifatnya pribadi. Koneksi ini dilakukan melalui jaringan internet publik dengan tujuan saling bertukar sumber daya secara privat melalui jaringan internet publik tersebut.

Dengan fungsinya sebagai firewall dan kemampuan untuk melindungi aktivitas online kalian. VPN sering dianggap memiliki keamanan yang lebih baik dibandingkan koneksi internet biasa. Sayang…! Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, apalagi jika kamu adalah pengguna VPN gretongan.

Lalu apa saja sih bahaya dari VPN Gratis ini?

  1. Adware
    Penyedia Layanan VPN Gratis menghidupi dirinya dengan iklan-iklan dari pihak ketiga yang dipasang pada website penyedia VPN gratis ini. Tentu saja iklan-iklan ini lumayan memberikan gangguan visual, bahkan tidak jarang iklan ini juga disusupi mallware atau berbagai aplikasi yang secara otomatis terinstall ke smartphone/komputer pengguna.
  2. Data dan Alamat IP mu Bocor ke Publik
    VPN ini bekerja layaknya sebuah ‘pipa rahasia’ penghubung koneksi kita ke internet. Namun, tak jarang ‘pipa rahasia’ ini memiliki banyak lubang sehingga menimbulkan kebocoran data pribadi, dan IP pribadi ke publik. Data-data pribadi itu bisa tentang seluruh konten yang kita miliki, jejak rekam aktifitas kita di internet , data Credit Card dll. Kalo IP bocor ke publik, tunggu saja tanggal mainnya, yaitu ancaman serangan malware dan hacker.
  3. Penjualan Data
    Sudah banyak sekali kasus yang terjadi di berbagai negara yang membuktikan keterlibatan penyedia VPN gratis dalam transaksi jual beli data kepada pihak ketiga. Gangguan yang paling sederhana adalah kemungkinan dikirimkannya spam ke e-mail kalian, Gangguan terburuknya adanya kemungkinan para hacker yang ngiler berkat informasi data dari segala aktifitas pengguna selama menjelajah di internet dengan bantuan VPN gratis ini.
  4. IP Pengguna dijadikan Network End-Point
    Bahaya VPN gratisan lain, yang cukup merugikan adalah digunakannya  IP Address pengguna sebagai Network Endpoint untuk meningkatkan bandwith layanan VPN tersebut. Demi meningkatkan kecepatan internet pelanggan lain yang berbayar, yah kemungkinan dijualnya Network Endpoint ini memang sangat besar. Dan bahkan banyak aplikasi VPN yang mampu membiarkan orang lain menggunakan koneksi internet Anda untuk melakukan kegiatan ilegal di website. Dan tentunya jejak rekam digital ini bisa menjadi tuduhan serius bagi anda selaku pemilik IP.
  5. Resiko Serangan Man in the Middle
    Potensi serangan Man in the Middle, yaitu disusupinya jalur komunikasi antar sistem komputer yang saling berkomunikasi untuk melakukan pembajakan dan pencurian data, terkadang mereka juga bisa menyusupkan mallware tanpa disadari oleh banyak sistem komputer yang saling berkomunikasi ini.

Kalo kamu menemukan bahaya lain, segera share ya, di kolom komentar di bawah ini, kami tunggu geng’s

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *