Cerdas, cara Mudah Cegah akun WhatsApp kena Hack

Cerdas, cara Mudah Cegah akun WhatsApp kena Hack

Jogjatronik.com – Isu whatsApp yang rentan dengan serangan hacking lagi moncer-moncernya di dibicarakan para netizen. Gimana lagi, WhatsApp adalah aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan saat ini. Sudah menyentuh angka lebih dari 1 miliar unduh lho geng.

Sayangnya ternyata WhatsApp masih cukup rawan diretas, yah meskipun semua aplikasi pesan instan punya kerawanan lubang keamanannya sendiri-sendiri. Cara yang umumnya digunakan adalah melalui  layanan WhatsApp for Web.Fitur yang mempermudah penggunaan WA melalui PC ini bisa dimanfaatkan oleh para peretas.

Baca Juga : Pencurian Identitas Melalui aplikasi Sti8ker Gratis

HOW? Peretas hanya perlu melakukan kopian pindai/scan barcode dari ponsel korban ke layanan web WhatsApp. Jika kamu tidak pernah menggunakan WA for Web sih gak bakalan masalah ya..

Lalu Gimana Cara Mengatasinya?

Buka menu settings yang berada di pojok kanan atas. Setelah itu buka fitur WhatsApp Web. Nanti akan muncul jendela informasi apakah smartphone sedang terhubung dengan perangkat lain atau tidak.

Jika kamu memang sedang tidak terhubung dengan perangkat lain, sentuh saja “Log out from all computers”. Secara otomatis akun WhatsApp-mu keluar dari perangkat lain yang mencurigakan.

Selain itu, kamu bisa menangkal pengambil alihan akun dengan mengaktifkan fitur dua langkah verifikasi atau two-step verification.

Jika fitur diaktifkan, WhatsApp rutin meminta kode verifikasi jika aplikasi WA pernah login melalui perangkat lain.

Bagaimana cara mengaktifkan dua langkah verifikasi di WhatsApp?

  1. Buka menu settings, kemudian pilih Account.
  2. Setelah itu pilih Two-step verification, kemudian pilih enable.
  3. Silahkan masukan nomor PIN yang dipilih untuk digunakan jika ingin login diperangkat lain.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *