Google Play Kini Bisa Terima Pembayaran Uang Tunai

Google Play Kini Bisa Terima Pembayaran Uang Tunai

Google Play Kini Bisa Terima Pembayaran Uang Tunai

Jogjatronik.com – Kabar asyik datang dari Google sang Raksasa Internet. Kini para Pengguna Android sudah bisa melakukan pembelian aplikasi di Google PlayStore menggunakan Uang Tunai. Aturan ini diberlakukan melalui fitur “Pending Transaction” yaitu sebuah fitur dari Google yang menawarkan cara pembayaran tanpa kartu kredit atau pembayaran online lainnya.

Penetrasi Penggunaan Kartu Kredit yang lumayan lambat adalah salah satu diantara alasan Google memberikan kebijakan baru ini. Selain itu perilaku pengguna android di negara berkembang juga menjadi alasan Google meluncurkan fitur ini. Prilaku seperti apakah? Kebanyakan pengguna android di negara berkembang lebih memilih mengunduh aplikasi/game gratis yang dipenuhi iklan daripada membeli app berbayar.

Baca Juga : Cara Pembelian Aplikasi di PlayStore dengan Pulsa Tri

Padahal para pengguna Android di negara berkembang inilah yang menjadi tolak ukur pertumbuhan penggunaan Android. Pembayaran dengan mode Pending Transaction ini dilakukan melalui pembayaran uang tunai, transfer bank maupun debit langsung.

Yah, mirip dengan cara pembayaran melalui Market Place. Pembeli akan mendapatkan kode pembayaran yang dapat digunakan untuk membayar melalui uang tunai di toko2 terdekat. Setelah di toko, pengguna tinggal menunjukkan kode pembayaran tersebut ke kasir dan membayarnya.

Sayangnya meskipun proses transaksi berjalan cepat kurang lebih dalam 10 menit pembeli sudah mendapatkan notifikasi pembayaran melalui email sebagai bukti pembayaran. Ternyata pembeli tidak bisa meminta pengembalian dana, pembeli tidak akan mendapatkan uang pembayarannya kembali. Berbeda dengan penggunaan Kartu Kredit ya. Toh tentunya pada setiap transaksi pembelian aplikasi yang dilakukan secara manual ini, si pembeli sudah sadar sepenuhnya dengan kemauannya. Berbeda dnegan penggunaan kartu kredit yang mungkin saja terjadi karena adanya pencurian identitas.

Kita tunggu saja, apakah pembaruan pada Google Play Billing Library versi 2.0 ini mampu meningkatkan jumlah transaksi berbayar di negara berkembang.

Sumber : Techrunch

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *