Keren, Google bakalan bisa deteksi Kanker Paru-paru

Google bakalan bisa deteksi Kanker Paru-paru

Keren, Google bakalan bisa deteksi Kanker Paru-paru

Jogjatronik – Setiap tahunnya hampir 1,7juta jiwa meninggal karena Kanker Paru-paru. Kondisi ini membuat Google berminat untuk melakukan penelitian dengan membuat Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence (AI) yang bisa mendeteksi penyakit  Kanker Paru-paru sejak dini.

Sejauh ini ahli radiologi meneliti keberadaan Kanker Paru-paru melalui ratusan gambar CT Scan tunggal. Nantinya dengan penerapan AI, akan didapatkan prediksi keberadaan kanker paru-paru, bahkan mampu mengetahui adanya jaringan kanker yang halus atau nodul paru-paru yang biasanya sulit dilihat.

AI dari Google ini juga dilatih untuk mengungkap tingkat pertumbuhan jaringan yang mencurigakan. Dalam pengujian, AI ini mampu memeriksa 45.856 layar CT Scan bagian Dada, kemudian hasilnya dibandingkan dengan hasil analisa 6 ahli radiologi yang bersertifikat. Ternyata dalam pengujian pertama, AI Google mampu bekerja 5% lebih akurat dibandingkan hasil deteksi para ahli radiologi tersebut.

Meskipun pengujian ini masih membutuhkan banyak penelitian dan pengujian klinis tambahan, tapi sejauh ini Google sudah menyatakan kemuasan akan hasilnya itu.

Di Amerika Serikat sendiri baru 2%-4% saja Pasien penderita Kanker Paru-paru yang bisa diobati dari penyakitnya. AI pendeteksi Kanker ini bukanlah proyek Google yang p[ertama, sebelumnya telah mengembangkan teknologi Kecerdasan Buatan untuk melakukan deteksi dini kanker payudara. Bahkan menurut Google, teknologi AI ini sudah mampu memberikan akurasi hasil deteksi Kanker sebesar 99%.

Hebat juga ya

sumber : engadget

 

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *