Review Realme 3 Pro, Flagshipnya Kawula Muda

Review Realme 3 Pro, Flagshipnya Kawula Muda

Review Realme 3 Pro, Flagshipnya Kawula Muda

Jogjatronik.com – Realme yang merupakan sub-brand Oppo, makin menguatkan tajinya di pasar menangah ke bawah. Bahkan di pertengahan tahun 2019 ini, Realme telah menelurkan Realme 3 Pro “Flagship for Young” atau Flagshipnya Kawula Muda.

Redaksi JT kali ini akan membahas Realme 3 Pro yang merupakan Smartphone mumpuni di kelas menengah. Realme 3 Pro membawa beberapa fitur keren, seperti, desain unik, prosesor tangguh Snapdragon 710, dan sensor kamera dengan kualitas flagship dengan kamera belakang ganda 16MP + 5MP, Baterai 4.045mAh berfitur flash VOOC 3.0, dan tentunya Harga yang terjangkau.

BODY

Di bagian belakang, kamu bisa melihat warna two-tone Nitro Blue (campuran warna ungu dan biru yang menyatu dalam bentuk ‘S’ kependekan dari Speed) catchy bukan. Desan ini terinspirasi dari Le Mans, alias Circuit des 24 Heures di Prancis. Dimana di Sirkuit inilaj kecepatan telah menjadi legenda. Pola berbentuk S menyerupai chicane (yaitu tikungan trek di sirkut Le Mans) tikungan paling menantang dan paling menarik dalam balapan. Woow… memberi persepsi bahwa Realme 3 Pro memang pemerhati kecepatan yang hanya ditemukan dalam olahraga automotif papan atas.

Pada bagian belakang inilah, disematkan dua kamera dan sensor sidik jari. Di bagian bawahnya terdapat port micro-USB, jack headphone 3,5 mm dan grill speaker. Nah tombol power diletakkan di sebelah kiri, sedangkan tombol volume ada disebelah kanan.

Body Realme 3 Pro tidaklah lebar, masih cukup nyaman digenggam, tetapi cukup tinggi, sehingga membutuhkan kedua tangan untuk menarik notifikasi. Beratnya yang 172g dengan ketebalan 8,3mm tidaklah berat, dan masih mudah untuk diletakkan di kantong celana.

LAYAR

Pada bagian depan, desain Realme 3 Pro tampil sederhana mengikuti desain terbaru yang sedang trending. Yaitu digunakannya layar lebar 6,3 inci dengan tampilan dewdrop atau notch menyerupai setetes air pada bagian atas.

Layar 6,3 inci-nya memiliki bezel yang ramping di semua sisi, kecuali pada bagian dagu yang sedikit tebal. Panel yang digunakan bukanlah amoled tapi panel IPS dengan resolusi full HD+ (1080×2340) yang diberi proteksi Gorilla Glass 5.

Warna yang disajikanpun lumayan cerah, dengan saturasi yang baik. Selain itu juga mudah dilihat di bawah sinar matahari.

Ponsel Pintar ini juga telah memberikan pengaturan suhu warna “Screen Color Temperature Adjustment” Kamu dapat menyesuaikan suhu warna ponsel, cukup berguna jika kamu gemar membaca PDF di ponsel.

SISTEM OPERASI

Smartphone ini menggunakan ColorOS 6.0 terbaru yang dikombinasikan Android 9.0 (Pie), Antar mukanya cukup baik, bahkan kami adalah salahsatu penggemar User Interface dengan gaya ini yang mirip-mirip dengan smartphone brand lain. Tapi ponsel pintar ini tidak akan menampilkan iklan acak, berbeda dengan pesaingnya.

Ada berbagai software bawaan seperti Babe, Baca Plus, Vova dan TikTok. Tapi jangan khawatir, jika kamu tidak butuh, tinggal dihapus saja.

Pada ColorOS 6.0 ini terdapat ‘Game Space’ yang berfungsi mengelola aplikasi game dan mampu melakukan optimisasi pengalaman bermain game yang memberikan pengguna pengalaman bebas gangguan.

Game yang kamu inginkan dapat diunduh melalui Game Space, bahkan momen keren saat bermain juga bisa kamu rekam dan dibagikan secara real time.

Dari sisi keamanan ColorOS 6.0 telah menyediakan sensor sidik jari, yang cukup responsif dan akurat. Bahkan juga tersedia, sensor wajah yang responnya juga lumayan baik saat dicoba. Tapi pastikan cukup cahaya saat itu ya.

PERFOMA

Dengan chipset Snapdragon 710, salah satu SoC paling kuat dari seri Qualcomm 800. Realme 3 Pro layak mencapai kecepatan clock hingga 2.2GHz. Kuencang…!!! Snapdragon 710 diproduksi dalam fabrikasi 10nm dan arsitektur delapan inti Kryo. Cukup kecil dan lumayan dingin.

Untuk kenyamanan Visual, Snapdragon 710 ini ditemani oleh Adreno 616 yang berikan jaminan rendering gambar 3D yang apik, sudah kompatibel dengan berbagai API grafik terbaru.

Hasil Benchmark :

Antutu Benchmark : 155.277

KAMERA

Kamera belakang lensa ganda 16MP sudah menggunakan sensor Sony IMX519 dengan ukuran piksel tunggal kamera utama adalah 1.22um dan dengan aperture besar f/1.7. Sedangkan kamera keduanya memiliki resolusi 5MP untuk memberikan efek bokeh.

User interfacenya mirip dengan seri sebelumnya. Terdapat tiga mode utama, yaitu mode Photo, Potrait dan Video. Dibagian kiri terdapat opsi Chroma Boost, HDR, Filter dan LED flash. Asyiknya buat para penggemar fotografi sejati, kamu bisa menemukan mode pemotretan Expert (pengaturan manual), Pano, Time-lapse, Slow-mo, dan Nightscape. Klik saja 3 titik kecil itu.

Pada Mode Expert kamu bisa mengatur :
– ISO dengan kisaran 100-3200
– kecepatan rana dengan kisaran 1/8000s-16s)
– white balance (dengan suhu cahaya),
– fokus manual
– kompensasi eksposur (-2EV hingga + 2EV).
Dalam mode Expert ini kamu juga bisa membuat foto 64MP melalui mode Ultra HD

VIDEO

Terdapat mode Slow mo untuk pengambilan video gerak lambat 960fps/720P. Jadi kamu bisa membuat video dengan efek dramatis agar hidupmu lebih lengkap. Pilihan resolusinya pun lengkap dari HD, Full HD hingga 4K.

Kamera Selfie AI 25MP
Kamera selfie memiliki resolusi 25MP, dengan aperture f/2.0, ukuran sensornya 1/2,8 inci. Hasilnya? Selfie makin greget, foto yang dihasilkan kealitasnya semakin keren, baik eksposur, satusari, maupun detail. Melalui fitur beauty selfie-nya kamu dapat melembutkan kualitas kulit, mata, dan rambut sampai 296 titik identifikasi wajah. Melalui fitur beauty selfie-nya kamu dapat melembutkan kualitas kulit, mata, dan rambut sampai 296 titik identifikasi wajah.

BATERAI

Dengan kekuatan 4.045mAh dan dukungan VOOC 3.0. Kamu bisa memakainya seharian non stop. Screen on mampu menembus 9 jam 27 menit dari 100% hingga 0%.Pengisian cepat VOOC pun mampu mengisi baterai 50 persen, kurang dari satu jam. Melalui aplikasi AccuBattery, diketahui kamu bisa ngecas HP dari 2% ke100% selama 1 jam 25 menit.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, kami merekomendasikan smartphone ini untukmu yang kantongnya cukup cekak, tapi butuh ponsel dengan desain fantastis, layak ditaruh di meja saat kongkow, serta performa CPU dan GPU yang ajaib kerennya. Terutama jika kamu memang menghabiskan sebagian besar waktu hanya di depan layar 6inc , baterainya yang 4.045mAh mampu memastikan, Reaklme 3 Pro bisa menemani dirimu yang jomblo ini seharian 😀

Oh iya, hasil fotonya cukup impresive kog, patut di pamerkan di sosMed. Terutama kalo kamu penggemar seni fotografi.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *