VPN vs DNS Resolver, Solusi Alternatif Tetap Terhubung dengan MedSos

VPN vs DNS Resolver, Solusi Alternatif Tetap Terhubung dengan MedSos

Jogjatronik.com – Istilah VPN tiba-tiba menjadi terkenal. VPN telah menjadi perbincangan dikalangan emak-emak yang galau akibat terblokirnya media sosial. Sayangnya, kemungkinan penyedia server VPN untuk mencuri data sensitif seperti data internet banking cukup besar. Selain itu jejak rekam data trafik pengguna dipastikan tersimpan di server VPN.
Lalu adakah teknologi selain VPN, yang mampu mempermudah seseorang agar selalu terhubung ke internet? Teknologi itu adalah DNS Resolver, yang kami rasa jauh lebih aman dibandingkan penggunaan aplikasi VPN gratis. Penggunaan Domain Name Service (DNS) tersendiri biasanya dilakukan untuk membuka terblokirnya akses internet terhadap sejumlah situs atau server aplikasi tertentu.

Domain Name Service memiliki cara kerja untuk melakukan resolve nama domain menjadi alamat IP. Taruhlah anda ingin melakukan akses ke aplikasi whatsapp.com, yang terjadi PC/smartphone melakukan permintaan untuk masuk ke ISP, lalu DNS milik ISP akan mengarahkan pengguna ke alamat IP server WhatsApp.

Nah, terbaca kan? Memang Cara kerja seperti inilah yang sekarang digunakan ISP dalam melakukan blok terhadap sejumlah situs atau server aplikasi. Jika Anda pengguna Indihome saat mencoba mengakses situs yang di blok, maka alamat IP yang terbuka adalah alamat IP internetpostif.uzone.id.

Jadi untuk ‘ngakali’ hal tersebut, yang dilakukan adalah dengan membuat DNS sendiri. Bagi pengguna PC langkah ini lumayan berbelit. Tapi untungnya bagi pengguna smartphone, kamu cukup menginstall aplikasi 1.1.1.1 buatan cloudflare atau bagi pengguna Android Pie aktifkan saja private DNS lalu isikan DNS-nya dengan 1dot1dot1dot1.cloudflare-dns.com. Cara ini dinilai lumayan mudah dan aman dibandingkan menggunakan aplikasi VPN gretongan.

DNS tidak dirancang dengan mempertimbangkan keamanan,
masih banyak jenis serangan yang dibuat untuk mengeksploitasi kerentanan dalam sistem DNS.
-Cloudflare-

Bijak dan Tetap Berhati-hatilah..!!

Dengan terbukanya celah menuju berbagai konten, perlu disikapi dengan kebijaksanaan. Jangan sampai peran pemerintah dalam menyajikan internet positif bagi seluruh penduduk menjadi sedikit terdepak, oleh sebagian emak-emak dan bapak-bapak yang merasa kebebasannya terbatas. Sehingga koneksi internet di perumahan dan genggaman mereka justru mampu menjangkau berbagai konten negatif secara lebih luas, serem. Kasihan anggota keluarga yang lain.

Selain itu kebijakan Developer bisa saja berubah, jika saat ini mereka menjamin bahwa aplikasi DNS Resolver aman dari gangguan iklan dan penjualan data, bisa jadi dikemudian hari, kebijakan itu berubah. Bahkan Cloudflare selaku pembuat aplikasi pun masih menyampaikan kerentanan dalam sistem DNS

Bijaksana lah dalam bersikap!!

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *