Tips-tips Merawat Hardisk Eksternal

Tips-tips Merawat Hardisk Eksternal

Jogjatronik.com – Seringkali kita menggunakan media penyimpanan eksternal untuk menyimpan data-data penting dengan alasan kemudahan membawa data-data ini. Tapi ingat, produk yang bersifat mobile, lumayan rentan terhadap berbagai kerusakan. Jika terjadi kerusakan, bisa jadi kita akan kehilangan data-data penting. Meskipun ada opsi melakukan recovery data, tapi proses ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan, biasanya akan melebihi harga hard disk eksternal itu. Untuk itu kami dari jeteMarket mencoba mengulas Tips-tips Merawat Hardisk Eksternal.

Dan inilah Tips-tips Merawat Hardisk Eksternal.

  1. Safe Remove Hardware
    Meski sepele, tapi hal ini sering diabaikan oleh para pengguna Hard Disk Eksternal. Saat kita memasang hard disk eksternal dan melakukan transfer data, banyak data-data yang belum selesai tertulis pada piringan hard disk. Data-data tersebut tertinggal pada cache memori.Jadi jika kamu sudah selesai menggunakan hard disk eksternal, lakukan selalu “Safe Remove Hardware”. Sebelum melepas hard disk eksternal. Gagalnya upaya penulisan data bisa menyebabkan Master Boot Record rusak, sehingga hard disk perlu di format ulang.
  2. Jangan Terjatuh dan Hindari Getaran
    Hard disk eksternal menggunakan komponen-komponen mekanik di dalamnya. Sehingga benturan keras bisa menyebabkan gangguan pada komponen tersebut. Meletakkan Hardisk di tempat yang selalu bergetar seperti bagasi mobil atau speaker aktifpun juga berbahaya.Tapi kamu cukup beruntung, karena jeteMarket menyediakan berbagai opsi pilihan Hard Disk eksternal yang tahan getaran dan tahan banting, silahkan cek disini.
  3. Hindari Cairan
    Tak jarang, kita cukup ceroboh meletakkan berbagai benda cair disekitar perangkat elektronik, seperti Minuman atau benda cair lainnya. Ingat, Air adalah musuh utama perangkat elektronik!
  4. Jauhi medan magnet
    Ternyata Platter yang ada di dalam hard disk bisa rusak karena pengaruh medan magnet. Daya tarik magnet yang cukup kuat, dapat menarik komponen mekanik didalam hard disk, sehingga bisa mengganggu sistem kerja hard disk.
  5. Hindari Panas Berlebih
    Usahakan hardisk eksternal mendapatkan angin atau sirkulasi udara. Penggunaan pouch terus menerus saat hard disk digunakan, bisa jadi membuat suhu hard disk menjadi panas. Dikhawatirkan hal-hal ini bisa mengurangi masa pakai hard disk.

Tips:

Hard disk eksternal adalah senjata utama anda untuk melakukan back up. Jika perlu gunakan penyimpanan di awan untuk berbagai macam data-data yang sangat-sangat penting.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *