Berbagai Model tipe kabel USB

Berbagai Model tipe kabel USB

Jogjatronik.com – Untuk kali ini kita akan coba membahas berbagai model USB, ada berbagai tipe dari type A sampai dengan USB Micro B superspeed. Berikut kami definisikan berbagai macam type USB :
1. USB Type – A
Tipe ini merupakan yang paling sering digunakan saat ini, bentuknya persegi dan memiliki dimensi yang lebar. Tipe ini bisa ditemukan hampir disemua dekstop, laptop, dan periferalnya. Hampir semua perangkat mobil masih menggunakan sambungan USB tipe A.
2. USB Type – B
Tipe ini biasanya digunakan untuk sambungan printer dan scanner ke komputer. Berbentuk seperti persegi dan jarang digunakan selain tersebut diatas.
3. USB Type – C
Berbentuk oval dan simetris sehingga dapat dicolokan dalam posisi terbalik sekalipun, tipe ini mampu mengalirkan daya dan memindahkan data lebih cepat dibandingkan tipe USB lainnya. Tipe ini biasanya digunakan untuk ponsel mid-range dan high end.
4. Micro USB
Tipe ini masih tersemat dibanyak smartphone dan perangkat pendukungnya, seperti power bank. Berbentuk lebar dan pipih dan salah satu uyang mudah ditemui. Secara fungsi mirip USB tipe C Cuma berbeda dibentuk, dan Micro USB pertama kali digunakan pada tahun 2008 dan tipe C tahun 2013
5. Mini USB
Sebelum kepopuleran Micro USB, mini USB merupakan jenis koneksi yang dipakai dibanyak perangkat mobile. Mulai dari ponsel, MP3 player dan hardisk external.
6. USB Lightning
Tipe ini didesaign khusus untul Apple
7. USB Micro B Supersped
Tipe ini jarang banget ditemui, biasanya hanya digunakan untuk menyambungkan HD Eksternal ke PC atau TV. Berbentuk pipih dan panjang dan mampu digunakan untuk memindahkan data dengan kecepatan hingga 5 Gbps.

Itulah beberapa tipe USB yang masih digunakan oleh para pengguna sesuai kebutuhannya. Dari semua tipe USB yang disebutkan diatas, mana yang sudah pernah anda gunakan ?

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *