Google Family Link Mudahkan Orangtua Bimbing Anak saat Beraktivitas di Dunia Maya

Google Family Link Mudahkan Orangtua Bimbing Anak saat Beraktivitas di Dunia Maya

Jogjatronik.com – Tidak menjadi masalah dengan usia anak-anak Anda (kecil/remaja), aplikasi Family Link memungkinkan Orangtua menetapkan aturan dasar penggunaan perangkat digital demi membimbing mereka saat belajar, bermain, dan menjelajah secara online.

Google Family Link juga memungkinkan Orangtua membuat Akun Google untuk anak Anda yang serupa dengan akun Orangtua, sehingga ketika melakukan akses ke sebagian besar layanan Google.

Orangtua akan mendapatkan:

  • Bisa memandu anak untuk mendapatkan konten yang bagus
  • Melihat jejak rekam aktivitas anak di dunia maya.
  • Bantu anak agar bisa membuat keputusan yang tepat terkait kegiatannya di perangkat Android, dengan laporan aktivitas yang menunjukkan lamanya waktu yang dihabiskannya di aplikasi favorit.
  • Kelola aplikasinya –
    Pemberitahuan praktis memungkinkan Orangtua menyetujui atau memblokir aplikasi yang ingin diunduh oleh anak Anda dari Google Play Store.

    Orangtua juga dapat mengelola pembelian dalam aplikasi dan menyembunyikan aplikasi tertentu di perangkatnya.
  • Penuhi keingintahuannya –
    Mengetahui aplikasi yang tepat bagi anak bukanlah hal yang mudah. Family Link akan merekomendasikan aplikasi pada orangtua, yang bisa ditambahkan langsung pada perangkat seluler anak.
  • Memantau waktu pemakaian perangkat
    Orangtualah yang memutuskan lama waktu pemakaian perangkat yang tepat bagi anak. Family Link memungkinkan Orangtua menyetel waktu tidur dan batas waktu pemakaian perangkat yang diawasi, agar keseimbangan dapat tercapai.
  • Kunci perangkat anak Anda –
    Baik saatnya bermain di luar, makan malam, atau berkumpul bersama, Anda dapat mengunci perangkat yang diawasi dari jarak jauh agar anak Anda dapat beristirahat dari penggunaan perangkatnya.
  • Melihat lokasi anak Anda
    Orangtua tentu sangat terbantu jika dapat mengetahui lokasi anak saat mereka tidak berada di rumah. Orangtua dapat menggunakan Family Link untuk membantu mengetahui lokasinya melalui perangkat Android yang dia bawa.
  • Fitur Family Link bervariasi bergantung pada perangkat yang digunakan anak. Untuk melihat daftar perangkat yang kompatibel silahkan buka tautan ini families.google.com/familylink/setup
  • Meskipun Family Link membantu mengelola pembelian dan unduhan yang dilakukan anak, tapi Family Link tidak memerlukan persetujuan untuk menginstal update aplikasi (termasuk update yang memperluas izin).

Sayangnya, bagi pengguna dari Indonesai tidak semua fitur bisa digunakan. Salahsatunya adalah Daftar Aplikasi yang bisa direkomendasikan dari Orangtua kepada anak baru tersedia bagi perangkat Android di AS saja, dan bisa diperuntukkan bagi orang tua yang memiliki anak-anak berusia tertentu.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *